Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kabupaten

Februari, Kabupaten Malang Vaksinasi Covid-19

Talkshow pelaksanaan vaksinansi Covid-19.

Malang, memorandum.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Malang Dr Wahyu Hidayat menyampaikan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat akan dilaksanakan sekitar Februari 2021. Menyusul akan disiapkan tenaga medis yang akan melakukan vaksinasi.

“Kemungkinan besar masyarakat bisa menjalani vaksin Covid-19 sekitar bulan Februari. Karena tenaga kesehatan pada tanggal 17- 20 Januari baru melakukan pelatihan,” kata Wahyu Hidayat usai melakukan talkshow pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (12/1/2021).


Talkshow ini diharapkan dapat meyakinkan masyarakat mengenai penting dan amannya vaksin Sinovac tersebut. Sebenyak 10 orang penerima vaksin pertama yaitu forkopimda, sekda kabupaten dan, Direktur RSUD Kanjuruhan dan Lawang, selanjutnya diikuti seluruh tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda depan vaksinasi. “Sebagai garda terdepan mereka harus ditingkatkan dulu kekebalan tubuh mereka,” kata Wahyu.

baca juga :  Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Disuntik Pertama Kali Jokowi Ngaku Tidak Sakit

Dalam talkshow ini Wahyu menyampaikan, bahwa masyarakat tidak perlu takut dan khawatir terhadap vaksin yang bakal diterima, karena vaksin tersebut aman dan halal sesuai dengan rekomendasi MUI.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan, pihaknya telah mengajukan ke Pemprov Jatim sebanyak 5.278 tenaga kesehatan. Setiap orangnya dibutuhkan dua dosis jadi total 10.556 dosis. “Namun rencananya oleh pemprov akan dikirim sebanyak 8 ribu dosis,” jelasnya.

Arbani menyampaikan, untuk kesiapan penerimaan vaksin, pihaknya sudah menyediakan cold storage yang suhunya sesuai dengan kebutuhan yaitu 2-8 derajat celcius. Bahkan, untuk pendistribusian vaksin sampai tingkat bawah juga sudah disediakan kendaraan yang memiliki cold storage.

“Semuanya sudah kami siapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan mulai dari RSUD sampai faskes tingkat bawah,” paparnya. (kid/ari/fer)

baca juga :  Putus Mata Rantai, Polrestabes Gelar Diskusi Mekanisme Pendistribusian Vaksin Covid-19
Reporter : Biro Arema

baca juga

Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Disuntik Pertama Kali Jokowi Ngaku Tidak Sakit

Aziz Manna Memorandum

Vaksin Covid-19 untuk Jatim Tiba Awal Januari 2021, Gubernur Siap Jadi Yang Pertama Disuntik

Agus Supriyadi

Sepuluh Vaksin Covid-19 Simbolis untuk Forkopimda, Dinas, dan Tomas

Syaifuddin