Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

 Forkopimda Jatim Kunjungi Gereja Pastikan Keamanan

Forkopimda Jatim meninjau gereja untuk memastikan keamanan paskah.

Surabaya, memorandum.co.id – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjenpol Nico Afinta mengunjungi Gereja Katedral Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi Istimewa, Jumat (2/4/2021).

Selain Forkopimda Jatim, untuk memastikan keamanan menyambut Paskah di Surabaya, turut hadir Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.


Dalam kunjungan ini Gubernur Jatim memastikan proses peribadatan berlangsung dengan aman, damai dan berharap agar masyarakat Jatim menghargai satu sama lain, untuk kegiatan peringatan paskah yang berlangsung pada Jumat dan Sabtu di Gereja Katedral Hati Kudus.

baca juga :  Forkopimda Jatim Bagikan 20 Ribu Masker dan Ratusan Paket Sembako di Pasar Ikan Pabean Cantikan

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan aman berjalan dengan baik, dan saling menghormati, menghargai, dan melindungi yang satu dengan yang lain,” kata Khofifah.

Khofifah yakin bahwa masyarakat Jatim bisa memberikan satu penghormatan terhadap seluruh proses peribadatan dalam rangka menyambut Paskah, yang nantinya dapat berjalan lancar, dan nyaman.

“Mudah-mudahan semuanya berseiring dengan upaya tetap membangun Jawa Timur Guyub Rukun,” imbuhnya.

Sementara itu, Romo Yosef Eko Budisusilo, Vikaris Jenderal Keuskupan Surabaya mengatakan, kapasitas gereja bisa menampung 800 jemaat, namun karena pandemi Covid-19, disediakan hanya 200 tempat saja.

baca juga :  Forkopimda Jatim Pantau TPS Desa Manduro Mojokerto

“Jemaat yang ingin beribadat, mendaftar terlebih dahulu, baru bisa mendapatkan kursi,” ujar Romo Yosef.

Untuk mekanisme yang bisa masuk kedalam gereja, jemaat menunjukkan kartu pendaftaran, agar tidak terjadi kerumunan maka pada saat pendaftaran ditentukan juga kursi dan waktunya yang selanjutnya di iringi streaming untuk jemaat lainnya.

“Penjaga atau panitia gereja di bagian depan mengenali jemaat, karena tidak semua umat Paroki lain, tapi hanya umat di Paroki sendiri, lalu diiringi dengan streaming,” tambahnya.

Gubernur Khofifah juga menyerahkan bantuan sejumlah peralatan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama perayaan Paskah, seperti desinfektan, masker, vitamin, dan lainnya. (mg-6/fdn/fer)

baca juga

Trenggalek Zona Merah, Pangdam Siap Kembalikan ke Zona Aman

Ferry Ardi Setiawan

Tangkal Hoax dengan Mengedepankan Saring Sebelum Sharing

Aris Setyoadji

Pelajar SMA/SMK Se-Jatim Tolak Radikalisme dan Anarkis

Aris Setyoadji