Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Forkopimda Lumajang Tinjau Uji Coba Jaringan CCTV yang Terpasang di Beberapa Desa

Forkopimda Lumajang memantau CCTV di Kantor Dishub Kabupaten Lumajang.

Lumajang, memorandum.co.id – Jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang memonitor jaringan CCTV yang terpasang di beberapa desa yang tersambung dengan jaringan area traffic control system (ATCS) Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Rabu (9/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, hari ini ada delapan desa yang telah diujicoba, dan semua live CCTV bisa dipantau. Ke depannya, sistem jaringan yang sudah diujicobakan ini akan sambung antara monitor di pemkab dan monitor di polres.


“Saat ini on progress sudah ada delapan desa yang CCTV-nya sudah diujicobakan, tadi sudah kita lihat ada CCTV yang ke arah sawah, tempat yang rawan kriminal, pertigaan dan ada juga yang di jalan raya. Semua pemasangan CCTV ini terus kita koordinasikan sehingga kedepannya begitu selesai semua, betul-betul bisa meminimalisir kriminalitas yang ada di masyarakat,” kata bupati yang akrab dipanggil Cak Thoriq tersebut.

baca juga :  Forkopimda Lumajang Patroli Skala Besar di Tahun Baru

Cak Thoriq juga menyampaikan, ketika uji coba dilakukan, ada beberapa evaluasi yakni terkait kapasitas jaringan di beberapa desa yang masih belum maksimal.

“Jadi tangkapan layar live CCTV yang ada di desa dengan yang ada di Dishub berbeda. Kemungkinan yang ada di desa lebih jernih dan jelas. Nanti akan kita cek langsung ke sana. Tapi untuk tahap permulaan uji coba ini saya kira sudah bisa menjadikan gambaran terkait dengan evaluasi ke depan,” ujarnya.

Cak Thoriq menjelaskan, sampai saat ini ada sekitar delapan desa yang sudah terpasang. Di antaranya Desa Labruk Kidul, Desa Kebonsari, Desa Grati, Desa Dorogowok, Desa Sukosari, Desa Sukorejo, Desa Banyuputih Lor, dan Desa Kalidilem.

baca juga :  Forkopimda Lumajang Gelar Operasi Prokes dan Rapid Antigen di Terminal Minak Koncar

“Semua desa kita wajibkan sesuai dengan peraturan bupati yang saya keluarkan untuk anggaran pengadaan CCTV. Semua desa telah dialokasikan anggarannnya melalui ADD (alokasi dana desa) di APBDes masing-masing desa dengan mekanisme dana transfer dari APBD Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyampaikan, saat ini total CCTV yang sudah terpasang sebanyak 40 sementara target dari Pemkab Lumajang sebanyak seribu CCTV.

“Ini kan masih proses, melalui tahapan tahapan ini nanti akan kita cek dengan kapasitas bandwidth di masing-masing kantor desa kemudian kapasitas yang ada di dishub sehingga menyambungnya nanti bisa jelas dan lancar termasuk nanti bisa tersambung ke polres,” pungkasnya. (fai/fer)

baca juga :  Pemkab Lumajang segera Dirikan Hunian Sementara untuk Warga Terdampak Gempa
Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Resmi Diluncurkan, Polres Lumajang Siap Terapkan Tilang Elektronik

Ferry Ardi Setiawan

Pemkab Lumajang segera Dirikan Hunian Sementara untuk Warga Terdampak Gempa

Ferry Ardi Setiawan

Forkopimda Lumajang Patroli Skala Besar di Tahun Baru

Ferry Ardi Setiawan