Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Tapal Kuda » Madura » Galakkan Sipijar untuk Rangkul Pelajar
Madura

Galakkan Sipijar untuk Rangkul Pelajar


Kapolres AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi MH bertindak sebagai irup dalam giat Sipijar di SMAN 1 Bangkalan.

Bangkalan, Memorandum.co.id – Berbagai daya dan upaya terus digulirkan Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi MH untuk merangkul, membina dan menjalin kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat. Tak terkecuali, pamen Polri kelahiran Sidoarjo, itu kini kian menggalakkan giat Sipijar (Polisi Pembina Pelajar).

Kebijakan itu, menurut Kasubbag Humas AKP M Bahrudi diterapkan sebagai bagian dari beban tugas polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Nah, aplikasi dari tugas polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tidak hanya fokus pada masyarakat umum saja,” kata Bahrudi, Rabu (26/2). Tetapi, komunitas pelajar, imbunya, juga menjadi target yang harus dirangkul, dibina dan diarahkan.

Untuk kepentingan itulah, Rama, sapaan akrab Kapolres Bangkalan, menurut Bahrudi, cukup aktif berkunjung keberbagai lembaga pendidikan umtuk menyapa dan berdialog dengan pelajar. Utamanya komunitas pelajar di kelemabagan pendidikan setingkat SMP,MTs,SMA,SMK dan MA, baik negeri maupun swasta.

Seperti pada Senin (24/2), Rama menjadi inspektur upacara (irup) dalam upacra rutin setiap Senin di SMAN 1 Bangkalan. Di sini, dalam sambutan arahannya, Rama punya kesempatan cukup leluasa untuk menyampaikan pesan bernuansa pembinaan.

Diantaranya, Rama menyuarakan pesan moral bertajuk wawasan kebangsaan, rasa cinta tanah air, serta motivasi agar para pelajar patuh dan taat pada hukum dan perundangh-undangan yang berlaku di NKRI. Juga tak lupa menyerukan ajakan agar komunitas pelajar menjahui bahaya narkoba.

“Tugas utama adik-adik pelajar adalah belajar dan belajar. Jangan berhenti untuk terus mengasah diri melalui bangku sekolah. Baik di tingkat SMP,MTs,SMA,SMK, MA dan bahkan di tingkat perguruan tinggi. Tujuannya, agar kelak menjadi insan yang berguna bagi bangsa, negara dan rakyat Idonesia,” kata Rama, dalam sambutan arahannya.

Dalam setiap kali kunjungannya, Rama tidak terlalu fokus pada kegiatan formal. Seusai jadi Irup, Rama menyempatkan diri berdialog, bersenda gurau dan tak jarang melayani ajakan selfy bareng dari pelajar. Di sini, tagline bertajuk Polisi sahabat rakyat, jadi terkesan sangat kental, lengket dan menyatu dalam kebersamaan.

“Saya instruksikan , giat Sipijar sepertini juga rajin dan rutin dilakukan oleh kapolsek di 17 polsek jajaran yang ada. Rangkul dan ajak seluruh masyarakat untuk bekerja sama dengan Polsi dalam kemitraan yang harmonis. Termasuk komunitas pelajar di lingkup kecamatan dan desa,” pungkas Kapolres AKBP Rama Samtama Putra. (ras/fer)

Editor / Reporter

baca juga

Mokong, 31 Warga Dibawa ke Mapolres Bangkalan

Agus Memorandum

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Memorandum

Kapolres Bangkalan Bubarkan Massa di Kafe dan Warkop

Agus Memorandum