Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Gandeng TNI-Polri, Heppiii Community Gelar Donor Darah

Anggota Heppiii Community

Surabaya, Memorandum.co.id – Acara donor darah yang digelar karang taruna (kartar) Gading Watu Surabaya yang menjadi bagian dari Heppiii Community mendapatkan sambutan positif. Para pendonor berasal dari berbagai kalangan seperti personel Polri hingga prajurit TNI juga ikut menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan.


Koordinator Kartar Surabaya, Stephanus Viki Narendra mengatakan, anggota kartar mengajak berbagai elemen untuk ikut menyumbangkan darahnya dalam acara yang mengambil tema ‘Bakti pemuda, setetes darah untuk negeri’.


Lanjut Stephanus Viki Narendra, setidaknya ada 47 orang yang ikut mendaftar. Namun dari jumlah tersebut, 27 warga yang dapat diambil darahnya oleh petugas PMI.

baca juga :  Sambut HUT ke-73 Bayangkara, Polres Bojonegoro Gelar Donor Darah

“Selain mengajak anggota dan pengurus kartar sendiri, kami juga mengajak ketua kartar lainnya di Surabaya untuk ikut gabung. Ada juga perwakilan dari komunitas motor yang juga terlibat acara positif ini,” kata Stephanus Viki Narendra.

Sekretaris PMI Jawa Timur, Edi Purwinanto mengatakan, kondisi stok darah PMI Jatim sempat tidak stabil atau naik turun dalam beberapa bulan terakhir ini. Dia mencontohkan stok darah per 26 Agustus 2020 ada di angka 11.206 kantung darah, namun pada 30 Agustus turun menjadi 9.943 kantong darah, kemudian per September 2020 ada di angka 10.739.

baca juga :  Peduli Sesama, Dinas Perkim Tulungagung Bagi Nasi Bungkus dan Donor Darah

“Awal pandemi ada penurunan stok darah sampai 75 persen, kemudian beberapa bulan menjadi 40 persen, dan berangsur-angsur menjadi 30 persen dan mulai stabil. Alhamdulillah sementara ini stok darah masih aman karena kebutuhan belum banyak,” katanya awal pekan lalu.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.(day)

baca juga :  Bhayangkari Polres Malang Gelar Donor Darah

baca juga

Tambah Stok Darah, Polresta Malang Kota Donor Darah

Aris Setyoadji

Sumbangkan Darah di HUT ke-59 Brigif Raider 9/Kostrad

Aris Setyoadji

Sambut HUT ke-73 Bayangkara, Polres Bojonegoro Gelar Donor Darah

Aris Setyoadji