Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Gresik

Gresik Peroleh Penghargaan Kabupaten ODF

Penyerahan sertifikat ODF dari Kadinkes Provinsi Jatim Herlin Ferliana kepada Ketua PKK Gresik Maria Ulfa Sambari Halim R.

Gresik, memorandum.co.id – Ketua PKK Gresik Maria Ulfa Sambari Halim R menerima sertifikat penghargaan Kabupaten Gresik sebagai kawasan open defecatiom dree (ODF) dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Herlin Ferliana, Kamis (24/9/2020).


Penghargaan tersebut didapat setelah PKK Kabupaten Gresik berhasil mengelola lingkungan dan perilaku masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan. Hasil dari pengelolaan tersebut, masyarakat sekarang tidak ada yang buang air sembarangan di alam yang bisa menjadikan pencemaran.


Herlin Ferliana pun menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja PKK Kabupaten Gresik. Sebab mampu menggeser paradigma derajat kesehatan masyarakat menjadi lebih baik.

“Apabila kita menginginkan derajat kesehatan masyarakat meningkat, maka ada empat hal yang harus dikelola. Pertama lingkungannya, perilakunya, fasilitas kesehatannya dan genetiknya,” terangnya.

Ia menambahkan, meskipun masih terdapat beberapa catatan, kabupaten Gresik layak untuk menyandang ODF dan bisa mengikuti lomba dapat mengikuti lomba ODF tingkat nasional mewakili Jatim.

Sementara Wakil Bupati Gresik Moh Qosim mengatakan, keberhasilan tersebut didapatkan kerja sama antarorganisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga percepatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat bisa direalisasikan.

“Semua kita libatkan bareng-bareng. Jajaran OPD tidak hanya Dinas Kesehatan, misalnya Dinas Lingkungan Hidup,” bebernya.

Ia pun berharap keberhasilan mengelola lingkungan dan perilaku masyarakat ini bisa berdampak positif dalam pencegahan Covid-19. Sehingga Kabupaten Gresik yang hari ini dalam zona oranye bisa berangsur hingga menjadi zona hijau.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari Halim Radianto menyampaikan rasa syukurnya terhadap penghargaan yang diterima. Ia pun berkomitmen untuk terus bergerak menuntaskan tugas membawa derajat kesehatan masyarakat terus meningkat. Serta hal-hal yang masih menjadi catatan akan segera diperbaiki.

“Hal ini kita galakkan dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa. Dengan harapan percepatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat bisa diperoleh. Dan setiap waktu semakin meningkat bukan malah mundur,” tukasnya. (and/har/fer)

Reporter : Biro Pantura