Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Headline » Habiskan Rp 426 M, Jalan MERR II C Diresmikan
Headline Surabaya

Habiskan Rp 426 M, Jalan MERR II C Diresmikan


Wali Kota Risma didampingi forkopimda meresmikan Jalan MERR II C.

Surabaya, memorandum.co.id – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan Jalan Middle East Ring Road (MERR) IIC Gunung Anyar sisi barat, Sabtu (15/2). Peresmian jalan yang menelan anggaran Rp 426 miliar ini dihadiri seluruh forum pimpinan daerah.

Wali Kota Risma mengatakan pada saat perencanaan dulu, jalan itu sempat mau dijadikan jalan tol. Namun, Wali Kota Risma mengaku ngotot tidak mau karena dia memikirkan warganya yang nanti tidak bisa lewat.

“Dengan jalan ini siapapun bisa lewat, tidak peduli kaya atau miskin. Tapi kalau jalan tol, maka yang hanya punya mobil saja yang bisa lewat,” kata Wali Kota Risma dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati mengatakan jalan MERR terbagi menjadi 3 bagian, MERR II A adalah Jalan Kenjeran – perempatan Unair kampus C;  MERR II B perempatan Unair kampus C – perempatan Jalan Arief Rahman Hakim; dan MERR II C; adalah perempatan Jalan Arief Rahman Hakim – Gunung Anyar. “Jadi, dengan peresmian ini, maka MERR sudah selesai semuanya,” katanya

Menurutnya, perencanaan Jalan MERR ini tertuang di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya pada 2014-2034, dan juga prioritas pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Surabaya 2016-2021.

“Proyek ini menghabiskan dana APBD pembangunan fisik lebih Rp100 miliar. Dan APBD untuk pengadaan tanah Jalan MERR II C sebesar Rp 326 miliar,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahyudrajat menjelaskan bahwa di MERR II C Gunung Anyar ini sudah dipasang sekitar 10 unit kamera CCTV, 2 unit warning light, 1 unit traffic light di persimpangan jalan Merr-Gunung Anyar Timur. “Kami juga sudah pasang 15 titik speed trap dan rambu serta markanya sudah lengkap,” kata dia. (udi)

 

Editor / Reporter

,

baca juga

Membangun Surabaya dengan Memelihara Harapan pada Tahun Politik

udin memorandum

Forpimda  Surabaya Pantau Gereja, Malam Natal Aman

udin memorandum

Ditanya Mafia Perizinan di Pemkot, Risma Ngamuk

udin memorandum