Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jatim

Hari Ini Dinkes Jatim Distribusikan Vaksin Covid-19

Petugas Dinkes mengemas vaksin yang akan didistribukan di tiga wilayah.

Surabaya, memorandum.co.id – Hari ini Dinas Kesehatan Jatim mendistribusian vaksin Covid-19 ke tiga kota/kabupaten, yakni Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Pendistribusian ini dilakukan secara bertahap dikarenakan tempat penyimpanan vaksi setiap daerah berbeda.


“Dari vaksin yang diterima Dinkes Jatim akan didistribusikan ke tiga daerah, dengan jumlah yang berbeda. Sedangkan untuk daerah lain kami masih menunggu petunjuk pusat,” ujar Sekretaris Dinkes Jatim, Hertanto.

Lebih lanjut Hertanto memaparkan bila dari alokasi vaksin 77.769 vial untuk Kota Surabaya mendapat 33.420 vial, namun hari ini didistribusikan 15.000 vial.

baca juga :  Dinkes Jatim Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Pascabanjir

Untuk Kabupaten Gresik mendapat 5.920 vial, dan hari ini didistribusikan 3000 vial. Serta Kabupaten Sidoarjo mendapat 8.720 vial, dan hari ini didistribusikan 4000 vial.

“Pengiriman ini disesuaikan kapasitan ruang penyimpanan di setiap daerah. Sebab dibutuhkan suhu khusus yakni antara dua derajat celsius hingga delapan derajat celsius untuk penyimpanan vaksi tersebut,” lanjut Hertanto.

Sedangkan dalam pendistribusian ini akan dilakukan pengawalan dari anggota kepolisian bersenjata. Bahkan pengawalan tersebut dilakukan hingga ke tempat penyelenggaraan vaksin.

“Pihak kepolisian menyatakan siap mengawal hingga vaksin tersebut digunakan. Begitu juga dalam pendistribusian tahap selanjutnya,” tambah Hertanto.

baca juga :  Cegah DBD, Dinkes Jatim Siapkan Rp 200 Juta per Tahun

Masih menurut Hertanto bila untuk pelaksanaan vaksin diagendaknan untuk tingkap provinsi pada Kamis (14/1), di RSUD dr Soetomo. Tingkat Kabupaten atau Kota digelar Jumat (15/1).

“Kota Surabaya vaksin sigelar di Balai Kota Surabaya, Kabupaten Gresik di RSUD Ibnu Sina, dan Kabupaten Sidoarjo di RSUD Sidoarjo,” pungkas Hertanto.(tyo)

Reporter : Aris Setyoadji

baca juga

Waspadai Serangan Penyakit Pascabanjir

Aris Setyoadji

Wanita Milenial Berperan Tekan Stunting

Aziz Manna Memorandum

Selain Covid-19, Dinkes Jatim Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Ini

Aziz Manna Memorandum