Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Hujan Deras Picu Tebing Longsor di Jalan Raya Lintas Selatan Lumajang-Malang

Petugas sedang membersihkan material longsor

Lumajang, Memorandum.co.id – Intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Lumajang akhir-akhir ini menyebabkan terjadinya bencana longsor di suatu wilayah. Bahkan, material longsoran menutup separuh badan jalan.

Hal itu tampak terjadi di jalan raya Lintas Selatan Lumajang-Malang KM 57, Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jumat(8/1).


Setelah di wilayah Kecamatan Candipuro diguyur hujan deras kurang lebih 15 jam sehingga tebing terkikis oleh air hujan, akibatnya tanah tebing longsor dengan lebar 8 meter dan tinggi 12 meter dan menyebabkan separuh badan jalan tertutup tanah longsor.

baca juga :  Longsor di Pudak Kulon Ponorogo Putus Irigasi dan Saluran Air Bersih

Dikonfirmasi melalui seluler, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, setelah mendapat laporan dari warga, pihak BPBD Kabupaten Lumajang langsung berkoordinasi dengan Forkopimca Candipuro untuk dilakukan penanganan dan pembersihan material dibantu dengan menggunakan alat berat eskavator.

“Karena dibantu dengan menggunakan alat berat, pembersihan material longsor bisa berjalan dengan cepat. Kurang lebih 1 jam sudah selesai”, jelasnya.

Akibat adanya kejadian ini, arus lalu lintas sempat terhambat karena diberlakukan sistem buka tutup secara bergantian.

baca juga :  Tanggul Bengawan Solo di Desa Blumbang Lamongan Longsor

Selanjutnya setelah penanganan pembersihan material longsor selesai dilaksanakan, arus lalu lintas kembali lancar. (IQ/Ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Warga Kradinan Tulungagung dan Aparat Bersihkan Material Longsor

Aziz Manna Memorandum

Tanggul Bengawan Solo di Desa Blumbang Lamongan Longsor

Aziz Manna Memorandum

Tanah Longsor Landa 3 Titik Desa Munggu, Bungkal, Ponorogo

Aziz Manna Memorandum