Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Sidoarjo

Imigrasi Surabaya Kerja Bareng Pemkab Sidoarjo Luncurkan Mobil Pelayanan Paspor

Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor bersama Kakanim Chicco A Muttaqin melihat proses perekaman biometrik di dalam mobil paspor keliling.

Sidoarjo, memorandum.co.id – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo sepakat bekerja sama dalam pelayanan paspor keliling.


Bentuk kerja sama itu diwujudkan dalam penyediaan mobil paspor keliling untuk menunjang kegiatan pelayanan paspor di wilayah Sidoarjo.

Jumat (22/10/2021) siang, bertempat di Ponpes Al Amanah, Krian, mobil paspor secara simbolik diserahkan oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor kepada Kepala Kantor Imigrasi Surabaya. Di tempat sama, juga diadakan kegiatan pelayanan eazy passport.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami akan semakin memperluas jangkauan pelayanan kami salah satunya dengan berkeliling ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sidoarjo,” tegas Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Chicco A Muttaqin.

Lanjutnya, imigrasi memiliki fungsi melayani masyarakat. Salah satunya pelayanan paspor jemput bola, Paling Ditunggu (pelayanan paspor Sabtu dan Minggu. Pelayanan Paling Ditunggu ini, akan melayani di setiap kecamatan yang ada di Sidoarjo. Dengan sarana dan prasana terbatas, layanan ini akan memanfaatkan mobil yang dimodif untuk melayani di dalam mobil.


“Dengan fasilitas yang lebih modern ini akan membantu memberi semangat dan motiviasi kami. Dengan mengedepankan nilai profesionalisme, dukungan dari Pak Bupati dan jajaran bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo,” sambung mantan Atase Imigrasi pada KBRI di Hongkong ini.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor mengatakan, terobosan pelayanan paspor dengan jemput bola dari kantor Imigrasi Surabaya ini perlu banyak dikloning lagi. Pelayanan ini semakin baik apalagi bisa menjangkau sampai per kecamatan.

“Pelayanan paling ditunggu. Paspor keliling Sabtu dan Minggu ini perlu lebih disosialisaikan lewat MPP (Mal Pelayanan Publik, red), mobil (hibah mobil paspor keliling, red) ini sangat membantu, pelayanan publik akan lebih baik lagi,”kata Gus Mudlor, panggilan akrab Bupati SidoarjoAhmad Mudlor.

Dikatakan, Pemkab Sidoarjo terus menghadirkan pelayanan publik semakin dekat dan mudah dijangkau masyarakat. Hadirnya pelayanan publik ini, sebagai upaya pemkab dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya memutus mata rantai praktik percaloan pembuatan paspor.

“Walaupun dari intern sekuat apapun mencegah. Saya yakin di tengah ketidaktahuan masyarakat, cenderung memasrahkan pada orang lain. Layanan paspor keliling di hari Sabtu dan Minggu sangat ditunggu. Senin sampai Jumat sibuk kerja. Sabtu Minggu layanan kantor tutup. Ini bisa menjadi solusi,” terangnya.

Sedangkan layanan tersebut bisa dimanfaatkan mengurus paspor secara kolektif minimal melayani 20 orang. Mobil paspor keliling itu di-launching tepat pada peringatan Hari Santri Nasional 2021.

Hadir dalam kegiatan itu, KH Nurcholis Misbah Pengasuh Ponpes Modern Al Amanah Junwangi, Chicco A Muttaqin Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya, Kepala Dinas Pendidikan Tirto Adi, Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Ari Suryono, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo Haris dan Warih Andono. (mik/fer)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

Imigrasi Surabaya Komitmen Jaga Iklim Investasi di Tengah Pengetatan Orang Asing

Agus Supriyadi