Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Sidoarjo

Inilah 3 Elemen Dasar yang Harus Dimiliki Jurnalis

Cak amo memberikan materi pelatihan jurnalistik.

 

Sidoarjo, Memorandum.co.id -Esensi seorang wartawan itu harus bisa menguasai dan mengenal dirinya sendiri. Ucapan itu dilontarkan oleh Darmantoko, Dosen Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT), kepada peserta Lembaga Pendididkan (Lemdik), saat mengisi Studium General pada acara pelatihan jurnalistik gelombang pertama 2020, di Hotel Square Jl Siwalankerto Surabaya, Sabtu (31/10).


Darmantoko menuturkan, selain memiliki esensi, seoarang wartawan juga harus memiliki 3 basic elemen dasar agar tidak menjadi kelemahannya saat menekuni profesi jurnalis. Diantaranya wartawan harus mempunyai pengetahuan yang luas, keterampilan teknik menulis, dan harus mempunyai mental attitude.


“Maka dari itu, sering – seringlah membaca,” kata mantan wartawan senior Surabaya Post, yang juga peraih piala prapanca di zamannya itu.

baca juga :  Cak Thoriq Ajak Wartawan Majukan Lumajang

Pada sesi kedua, acara pelatihan lemdik diisi dosen Abdul Muis, dia memaparkan teknik penulisan yang benar agar seorang wartawan bisa memiliki karya tulis yang bagus. Sehingga menjadi berita yang layak ditayangkan untuk dibaca oleh masyarakat.

“Berita yang layak itu, menurut mbah’e Jawa Pos, jarene Dahlan Iskan yo iki. Pek’en iki, (menurut Mbahnya Jawa Pos, kata Dahlan Iskan ya ini syaratnya. milikilah ini, red)” ujar Muis sambil menujuk layar proyektor yang bergambar materi rukun syarat berita layak tayang.

baca juga :  Kompetensi Wartawan Harus Sampai Level Foresight

Wartawan senior yang pernah menekuni karir selama 30 di Jawa Pos, akrab dipanggil Cak Amu itu juga membeberkan ilmu jurnalistik yang pernah ditekuninya di dunia kewartawanan. Dia menyebut, seorang wartawan tidak harus bisa menulis berita yang baik dan benar. Akan tetapi harus memiliki kedisiplinan dan ketepatan waktu. Sebab, pada uji Kompetensi wartawan (UKW), seoarang wartawan yang telat satu menit saja akan dikeluarkan.

“Tidak seperti kalian, diberi istirahat 5 menit saja malah digunakan ngopi dan merokok,” tandasnya.

baca juga :  Gubernur Jatim Apresiasi 8 Wartawan Lulus  S2 Unair

Sementar itu, lemdik Jurnalistik angkatan 1 tahun 2020 yang digelar KJJT (Komunitas Jurnalis Jawa Timur) inu adalah agenda tahap pertama yang diikuti puluhan jurnalis se Jawa Timur. Sebelum acara digelar, pengurus melakukan pengukuhan dan deklarasi sumpah kepengurusan. Dan agenda lemdik ini akan terus digelar tiap minggu hingga menghasilkan jurnalis yang handal dan kompeten di bidangnya.(bwo/jok/gus)

Reporter : Biro Sidoarjo

baca juga

Kompetensi Wartawan Harus Sampai Level Foresight

Syaifuddin

Gubernur Jatim Apresiasi 8 Wartawan Lulus  S2 Unair

Syaifuddin

Cak Thoriq Ajak Wartawan Majukan Lumajang

Aris Setyoadji