Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Inovasi Rutan Medaeng Terima Apresiasi Staf Ahli Menkumham

Karutan Hendrajati (kanan) dan jajaran mendampingi Staf Ahli Menkumham Y Ambeg Paramarta.

Sidoarjo, memorandum.co.id – Inovasi aplikasi digital Rusabaya yang menjadi produk unggulan berbasis IT Rutan Kelas I Surabaya, mendapat apresiasi dari Staf Ahli Menkumham Bidang Politik dan Keamanan Y Ambeg Paramarta.

Pernyataan itu disampaikan Ambeg saat berkunjung ke Rutan Surabaya sebagai lokasi kedua yang dikunjungi dalam rangka penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) yang sedang dipersiapkan rutan, Selasa (7/9/2021).


“Apa yang dilakukan jajaran rutan adalah upaya luar biasa untuk merubah stigma Rutan Surabaya. Di mana selama ini penuh dengan problematik yang menyertai,” ujar Ambeg.

baca juga :  Sebelum Meninggal di Rutan Medaeng, Henry Konsumsi Plafix

Dia menjelaskan, karena pernah bertugas di Jatim, ia paham betul dengam kondisi Rutan Surabaya dulu dan butuh komitmen kuat seluruh jajaran untuk membangun integritas.

“Ini bukan one man show, tidak mungkin dikerjakan seorang diri tapi butuh kekompakan dan kerja sama tim yang solid,” tegas Ambeg.

Staf Ahli ini juga menyampaikan, menjelang evaluasi TPN diharapkan seluruh komponen yang ada di Rutan Surabaya mengoptimalkan kemampuan yang ada.

“Harus tetap konsisten memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan mengantisipasi berita negatif yang berpotensi viral agar tidak menganggu proses pembangunan ZI ke depan,” pungkasnya.

baca juga :  15 Napi Medaeng Dipindahkan ke Lapas Kelas I Surabaya

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas I Surabaya Wahyu Hendrajati mengatakan, aplikasi tersebut mencakup layanan integrasi baik berupa layanan kunjungan, layanan informasi dan sarana pengaduan masyarakat.

“Aplikasi digital Rusbaya ini menjadi produk unggulan berbasis IT di tempat kami. Di mana aplikasi tersebut mencakup layanan integrasi baik berupa layanan kunjungan, layanan informasi, dan sarana pengaduan masyarakat,” ujar Hendrajati.

Dengan aplikasi tersebut, lanjutnya, seluruh informasi terkait hak-hak warga binaan dapat diperoleh baik berupa waktu asimilasi, pembebasan bersyarat (PB), cuti bersyarat (CB), dan cuti menjelang bebas (CMB).

baca juga :  Sebelum Dikirim ke Rutan Medaeng, Kejari Tanjung Perak Rapid Test 25 Tahanan

“Dengan begitu masyarakat khususnya WBP (warga binaan pemasyarakatan) dan Keluarga, memperoleh info terkini status pidana tanpa harus datang ke rutan,” sambungnya

Hal ini juga untuk mengurangi mobilitas karena layanan tatap muka yang belum bisa dilakukan saat pandemi.

“Sangat mudah, karena cukup dari smartphone data umum bisa diakses,” pungkasnya. (mik/fer)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

WBP Medaeng Terima Bantuan Peralatan Mandi

Aziz Manna Memorandum

WBP Medaeng Ibadah Misa via Streaming

Aris Setyoadji

Vanessa Angel di Ruang Karantina Berkebutuhan Khusus

Aris Setyoadji