Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Jadi Lumbung Pangan, Warga Arjosari Berikan Banyak Kemanfaatan

Ketua RW 01 Kelurahan Arjosari Kota Malang, Firman Hardiansyah bersama para warga

Malang, Memorandum.co.id – Kawasan RT 08, RW 01, Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang telah diresmikan menjadi Ketahanan Lumbung Pangan, Minggu (04/04/2021).

Karena itu, warga terus memaksimalkan wilayahnya untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat sekitar. Diantaranya, dengan memperbanyak tanaman sayuran, buah buahan hingga beragam jenis ikan.


“Kami sangat mengapresasi langkah nyata dari pak RT 08, pak RW 01 hingga masyarakat sekitar. Mereka telah bekerja keras mewujudkan kebutuhan pangan. Ini sebagai tindak lanjut dari program pemerintah PPKM Mikro,” terang Kunaryo, AKs, Lurah Kelurahan Arjosari, Kota Malang.

Menurutnya, PPKM Mikro juga mengandalkan ketahanan pangan. Dengan telah diciptakanya menjadi Ketahanan Lumbung Pangan, akan sangat membantu warga, jika ada yang isolasi mandiri. Pihaknya, juga akan mensuport bahkan dikerjasamakan dengan pihak terkait.

“Semoga hal itu terus bisa dipertahankan dan dikembangkan. Apalagi Kelurahan Arjosari telah menjadi salah satu Kampung Tangguh Semeru (KTS), Arjosari Bagus, yakni Gurup Rukun Sak Lawase,” lanjutnya.

Hadir dalam peresmian Ketahanan Lumbung Pangan Itu, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Propisi Jawa Timur, Zainal. Selain itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang, Purnomo.

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Arjosari Kota Malang, Firman Hardiansyah menjelaskan, bahwa beragam bahan pangan yang ada di kawasan RT 08, gratis untuk warga. Dengan memanfaatkan lahan di kawasan tersebut, ia berharap bisa mencukupi kebutuhan warga RW.

“Kami memanfaatkan lahan sekitar rumah warga. Dengan menanam beragam jenis sayuran, semoga bisa memenuhi kebutuhan warga RT 08 bahkan kalau bisa satu RW. Warga juga berperan aktif dalam kegiatan tersebut pengembangan lumbung pangan,” terangnya.

Beragam tanaman mulai dari labu, sayuran, cabe, ikan Lele dan Nila. Semua hasil tanaman warga, diperuntukkan keperluan warga.

Pihaknya mengaku, akan terus melakukan perawatan kawasan ketahanan pangan dan bahkan dikembangkan dengan beragam tanaman lain. Hal itu dimaksudkan, agar semakin bisa memberikan kemanfaatan untuk warga sekitar.

Selain itu, lanjut dia, warga RT 08 RW 01 secara rutin melaksanakan senam bersama. Hal itu sebagai langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imun). Senam juga diikuti warga RT lain yang berada diwilayah RW 01.

“Ini merupakan cara warga kami untuk selalu menciptakan kebersamaan. Hidup rukun dan saling bergotong royong,”pungkasnya. (edr)

Reporter : Biro Arema