Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Ekonomi

Jatim Jadi Penyumbang Ekonomi Terbesar Setelah Jakarta

Surabaya, Memorandum.co.id – Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur mampu melesat hingga 7,05 %.

Pencapaian ini menjadi kabar gembira sekaligus energi positif bagi Jawa Timur di tengah berbagai upaya dalam menangani Covid-19 serta penerapan PPKM. Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sendiri bergerak positif sebesar 1,78 % dan meningkat 3,2 %.


“Jatim mampu menjadi penyumbang ekonomi terbesar kedua di pulau Jawa setelah DKI Jakarta dengan kontribusi 24,93 %,” kata mantan Bupati Trenggalek ini, Jum’at (17/9/21).

baca juga :  Siagakan Ribuan Pasukan di PPKM Darurat, Wagub Jatim Apresiasi Pangdam V/Brawijaya

Kondisi tersebut ditopang oleh sejumlah sektor utama, antara lain berdasarkan lapangan usaha, sektor industri pengolahan berkontribusi paling besar terhadap struktur PDRB Jatim mencapai 30,23 % dengan laju pertumbuhan 6,85 %.

Selanjutnya, sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor memberi kontribusi PDRB 18,28 % dengan laju pertumbuhan 13,64 %.

“Kontribusi tertinggi ketiga pada struktur PDRB Jatim adalah sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dengan share 12,37 persen dan laju pertumbuhan minus 3,14 persen,” ujar Wagub Jatim.

baca juga :  PPKM Darurat, Wagub Emil Cek Kepatuhan Pabrik Air Minum di Pandaan

Lebih lanjut, di masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata menjadi sektor yang banyak ‘terpukul’. Namun, kondisi tersebut membuat warga Jawa Timur tidak berhenti menorehkan prestasi.

“Alhamdulillah terdapat 6 desa wisata di 6 kabupaten di Jawa Timur yang terpilih sebagai 50 desa wisata terbaik se Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,” pungkasnya. (Mg6/gus)

Reporter : M Ridho

baca juga

Wagub Jatim: Perekonomian Jatim Ditopang Tiga Sektor

Aziz Manna Memorandum

Wagub Jatim Optimistis PPKM Mikro Mampu Kurangi Penyebaran Covid Bangkalan

Aziz Manna Memorandum

Wagub Jatim Harap Pemuda Ikut Berperan di Bidang EBT

Aziz Manna Memorandum