Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Malang

Jelang Pungutan Suara, Polres Malang Gelar Rakor

Rapat koordinasi menjelang pungut suara dalam rangka Pilkada Kab. Malang tahun 2020.

Malang, Memorandum.co.id – Menyiapkan tahapan pemungutan suara Pilkada Kabupaten Malang di TPS tanggal 9 Desember 2020 mendatang, digelar rapat koordinasi persiapan pungut suara di Gedung Sanika Satya Wadah Polres Malang, Sabtu (5/12/2020).

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Malang AKBP Hendri Umar SIK MH, Danramil Kepanjen mewakili Dandim 0818 Malang – Batu Kapten Kav Ulum, Kasi Pidum Kejari Kab Malang Sobrani Binzar, Ketua KPUD Kab Malang Anis Suhartini, Komisioner Bawaslu Kab Malang Bertholomeus George Da Silva, PJU Polres Malang, Kapolsek jajaran Polres Malang, jajaran PPK Kecamatan se Kab Malang.


Kapolres Malang AKBP Hendri Umar menyampaikan tanggal 9 Desember 2020 merupakan tahapan pungut suara yang diharapkan berlangsung lancar. Untuk itu perlu sinergitas instansi TNI, Polri, KPU dan Bawaslu serta unsur lainnya.

baca juga :  Kapolres Malang Kunjungi Dapur Umum di Ngajum

“Agar semua proses tahapan dapat kita laksanakan dengan baik dan sukses. Tahap pungut hitung dan simpan surat suara benar–benar dilaksanakan dengan baik agar tidak ada komplain dari masyarakat,” katanya.

Memasuki masa tenang, perlu dilakukan monitoring adanya kerawanan terutama money politik. Bersamaan, perlu memberikan edukasi agar masyarakat menggunakan hak pilih dan meyakinkan warga bahwa TPS aman karena telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua KPUD Kab Malang Anis Suhartini menyampaikan distribusi logistik akan segera dilakukan sesuai ketentuan pada Minggu – Senin (6-7/12/2020). “Terkait tahapan pemungutan suara tanggal 9 Desember nanti PPK telah melaksanakan koordinasi baik dengan kecamatan dan puskesmas guna kelancaran kegiatan,” ujarnya.

baca juga :  Jumat Berkah, Satlantas Polres Malang Bagi Nasi Bungkus

Komisioner Bawaslu Kab Malang Bertholomeus George Da Silva mengatakan dalam pengawasan jelang masa tenang dan pungut suara telah membentuk satgas money politic. “Ini untuk mengantisipasi adanya money politic,” katanya.

Dalam pengawasan tahapan pungut hitung yang perlu diperhatikan adalah daftar pemilih dan pengguna hak pilih, pembuatan TPS, kelengkapan logistik pemungutan dan penghitungan suara, prosedur dan tata cara pelaksanaan pungut hitung suara, penggunaan teknologi Sirekap, penerapan protokol kesehatan. (*/ari)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Zero Covid-19, Desa Sumberdem Dirikan Kampung Tangguh Semeru

Agus Supriyadi

Wujudkan Stabilitas Kamtibmas, Kapolres Malang Silaturahmi dengan Ansor & Banser

Agus Supriyadi

Wujudkan Rasa Aman, Polres Malang Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019

Agus Supriyadi