Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Jemput Bola Secara Visit Home, Polsek Kademangan Vaksinasi Penyandang Disabilitas

Vaksinasi penyandang disabilitas dengan jemput bola secara door to door karena memiliki keterbatasan dalam mobilitas.

Probolinggo, Memorandum.co.id – Upaya jemput bola saat ini terus dimaksimalkan oleh jajaran Polres Probolinggo Kota untuk mempercepat cakupan vaksinasi Covid-19 yang kini sedang menyasar masyarakat berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas di Kota Probolinggo. Hal ini dilakukan lantaran mereka memiliki keterbatasan dalam mobilitas.

Antusiasme para peyandang disabilitas untuk vaksinasi begitu tinggi. Meski dengan keterbatasan, tak mengurangi semangat mereka untuk mendapatkan vaksin.


Meski kebanyakan orang akan merasakan sedikit kesakitan ketika jarum suntik ditancapkan dilengan tangan. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang takut ketika melihat jarum suntik.

Seperti yang dilakukan Polsek Kademangan bersama tiga pilar Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Sabtu (28/08/2021).

baca juga :  Polsek Kademangan Kawal Vakisnasi ODGJ

“Kita lakukan vaksinasi door to door langsung datang ke rumah Peyandang Diisabilitas. vaksinasi Covid-19 ini memang terpusat di Mapolres Probolinggo Kota,” ujar Bhabinkamtibmas Kelurahan Triwung Lor, Bripka Herly.

Dengan dibantu data kependudukan, kata Herly, penyandang disabilitas yang belum divaksin akan didatangi ke rumah-rumah bersama TNI, Polri, Lurah dan beserta tenaga kesehatan untuk mendapatkan penyuntikan.

Dengan langkah yang dilakukan oleh jajaran kepolisian bersama tiga pilar kelurahan dalam rangka percepatan cakupan vaksinasi ini, seluruh masyarakat penyandang disabilitas ditargetkan bisa disuntik vaksinasi demi menciptakan herd immunity dalam melawan Covid-19.

baca juga :  Tiga Pilar Kademangan Kawal Ketat Protokol Kesehatan Area Pasar

“Jadi mereka yang keterbatasan kondisinya tidak memungkinkan datang, kita maksimalkan jemput bola dengan mendatanginya ke rumah masing-masing untuk disuntik vaksin,” tandasnya.

Sementara, Kapolsek Kademangan Kompol Soemardjo mengatakan, vaksinasi ini adalah program nasional dan mengharuskan masyarakat semua harus tervaksin. Untuk penyandang disabilitas yang belum melakukan vaksinasi maka akan dilakukan dengan cara Door To Door.

“Kami menerjunkan anggota khususnya Bhabinkamtibmas untuk selalu menghimbau warganya dalam mensukseskan giat vaksinasi covid 19 ini,” tutur Kapolsek.

Menurutnya, para penyandang disabilitas juga mendapatkan haknya untuk divaksinasi Covid-19 dalam rangka untuk menciptakan Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok.

baca juga :  Potroli Sambang Sekolah, Polisi Tangkal Isu Penculikan Anak

“Ya, kami memutuskan jemput bola dengan vaksinasi door to door untuk Peyandang Disabilitas. Ini belajar dari vaksinasi difabel beberapa waktu lalu di Gerai Vaksin Merdeka Semeru Polres Probolinggo Kota,” tutur Sumardjo.

Meski tidak semua penyandang disabilitas, lanjut Sumardjo, memenuhi syarat bisa disuntik vaksin. Sebab di antara mereka ada yang tak lolos screening. Misalnya tekanan darahnya tinggi.

“Yang sekarang dilakukan untuk mengejar target vaksinasi adalah dengan melakukan “jemput bola”. Mendatangi rumah warga, mengetuk pintu mereka, dan memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.(mhd).

baca juga

Tiga Pilar Kademangan Kawal Ketat Protokol Kesehatan Area Pasar

Agus Supriyadi

Sowan Tokoh Agama, Bukti Kecintaan Polisi Bersama Ulama

Syaifuddin

Potroli Sambang Sekolah, Polisi Tangkal Isu Penculikan Anak

Rakhmat Hidayat