Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madiun

Kapenrem 081/DSJ: Kami Siap Menindaklanjuti Arahan Kadispenad

Kapenrem 081/DSJ Kapten Arm Nurwahyu Sujatmiko AMd

Madiun, memorandum.co.id – melalui video conference (vidcon) Kapenrem 081/DSJ Kapten Arm Nurwahyu Sujatmiko AMd menerima berbagai arahan dari Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus SE MM bertempat di Ruang Binter Makorem, Jalan Pahlawan No 50 Kota Madiun, Selasa (22/9/2020).


Dalam arahannya, Kadispenad menerangkan terkait langkah-langkah dalam manajemen informasi pada saat krisis, seperti bersikap jujur (be truthful), menyampaikan informasi yang bermanfaat, membuat rencana manajemen krisis, dan masukan yang berhubungan dengan media, menyiapkan juru bicara dan menjalin kerja sama yang berkelanjutan.


Kemudian hal-hal yang tidak boleh dilakukan menurutnya, mulai dari menganggap dan memperlakukan media sebagai musuh, tidak bergantung kepada media dan melupakan prajurit atau personel TNI AD.

baca juga :  Beri Khutbah Jumat, Kapenrem 081/DSJ Ingatkan Pentingnya Menjaga Amanah

“Dari penyampaiannya itu, Kadispenad memberikan kesimpulannya bahwa manajemen informasi dalam krisis bukanlah hal yang spontan, tetapi perlu disiapkan, direncanakan, dan dipelihara,” ujar Kapten Arm Nurwahyu Sujatmiko.

Ia menambahkan, PR dalam situasi krisis memerlukan skill (keahlian) harus dipelajari dan dilatih, sehingga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan bukan menjadi bumerang.

Lebih lanjut Kadispenad menekankan, agar hati-hati dalam memberikan informasi yang sangat penting, tetapi tidak dibatasi akses informasi secara total, karena dapat menimbulkan asumsi yang keliru dalam persepsi berita.

baca juga :  Beri Khutbah Jumat, Kapenrem 081/DSJ Ingatkan Pentingnya Menjaga Amanah

“Ia juga mengimbau supaya memperhatikan hal-hal yang sudah menjadi protokol atau ketentuan dalam menyampaikan informasi dan klasifikasi berita,” ujarnya.

Tak ketinggalan jenderal bintang satu itu berpesan, supaya hubungan dengan media harus terus terjaga dan bukan sebagai hubungan jangka pendek dan kasuistis tetapi direncanakan dan dieksekusi secara baik, karena dalam kondisi saat ini media memegang peranan penting.

Nurwahyu Sujatmiko menegaskan, kesiapannya untuk menjalankan dan menindaklanjuti berbagai arahan Kadispenad tersebut. “Saat ini dirinya terus berusaha memperkuat hubungan dan kerja sama dengan berbagai media, guna lebih meningkatkan peran mereka dalam mencerdaskan dan membangun bangsa,” ujar Nurwahyu Sujatmiko. (alv/fer)

baca juga :  Beri Khutbah Jumat, Kapenrem 081/DSJ Ingatkan Pentingnya Menjaga Amanah
Reporter : Biro Mataraman

baca juga

Beri Khutbah Jumat, Kapenrem 081/DSJ Ingatkan Pentingnya Menjaga Amanah

Ferry Ardi Setiawan