Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Tapal Kuda » Madura » Kapolres Bangkalan Bubarkan Massa di Kafe dan Warkop
Madura

Kapolres Bangkalan Bubarkan Massa di Kafe dan Warkop


Kapolres AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi MH membubarkan cangkrukan warga di Cafe Millenials, kafe di sekitar Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dan deretan warung kopi di sekitar Pusat Makanan Rakyat (Pumara).

Bangkalan, Memorandum.co.id – Menyikapi Maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi MH langsung bertindak sigap. Dinakhodai kapolres, sedikitnya 75 personel polres menggelar patroli skala besar di Kota Bangkalan.

Tugas utama tim patroli polres malam itu fokus pada satu tujuan. Menyisir semua lokasi basis kerumunan publik. Termasuk simpul-simpul tempat cangkrukan para kawula muda. Seperti kafe, restoran, rumah makan, warung kopi dan beberapa objek wisata malam. Targetnya, semua keramaian berbasis kerumunan publik, tegas harus dibubarkan.

“Tak ada toleransi lagi. Apapun acara dan kegiatannya, kerumunan publik harus kami bubarkan. Hanya saja, itu tetap kami lakukan dengan cara-ra yang persuasif dan humanis,” kata Rama, sapaan akrab kapolres.

Kebijakan itu, pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bangkalan. Itu sebabnya, operasi skala besar serupa malam itu tidak hanya dilakukan polres di Kecamatan Bangkalan Kota. Tetapi serentak juga dilakukan oleh semua polsek jajaran dan koramil di 17 kecamatan lainnya. Patroli skala besar seperti itu akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

”Itu amanah tugas yang harus kami lakukan demi keselamatan masyarakat agar tidak sampai terpapar covid-19,” tegas Rama. Selain itu, rutinitas patroli skala besar itu merupakan tindak lanjut) dari Maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Tak tanggung-tanngung, dalam patroli skala besar pencegahan Covid-19 malam itu, Rama menurukan hampir semua perwira di lingkungan Polres setempat. Di antaranya Wakapolres Kompol Deky Hermansyah, Kabagops Kompol Wahyudi, Kabagsumda Kompol Abdul Kholik, Kabagren Kompol Gunawan Wibisono, Kasatsabhara AKP Harifi Qohar, Kasatreskrim AKP Agus Sobarnapraja, Kasatreskoba Soekris Trihartono, serta sederet perwira lainnya setara kasubbag, kanit, kaur dan kasi.

Dalam patroli malam itu juga melibatkan 13 personel TNI AD dari Kodim 0829, 25 personel pleton Siaga I polres, serta delapan anggota Satpol PP Pemkab Bangkalan.

Patrol skala besar menjelajahi semua ruas jalan protokol yang tersebar di Kelurahan Demangan, Pejagan, Pangeranan, Kamayoran, Mlajah dan Kelurahan Bancara.

Di antaranya, adalah Jalan Letnan Abdullah depan pendopo kabupaten, kemudian berlanjut ke Jalan A Yani, Panglima Sudirman, Trunojoyo, Pemuda Kaffa, Jokotole, Mayjen Sungkono, Sultan Abdul Kadirun, HOS Cokroaminoto, KH Moh Toha, KH Moh Kholil, Teuku Umar, Soekarno-hatta dan berakhir di sepanjang Jalan Ki Lemah Duwur dan Terminal Bancaran

Sementara itu, Kasubbag Humas AKP M Bahrudi menambahkan, bahwa setiap ada kerumunan publik baik di trotoar jalan, kafe, restoran, rumah makan tim patrolisi selalu mengawali dengan edukasi tentang larangan untuk berkumpul di lokasi manapun.

”Termasuk di antaranya melalui pemberlakukan social distancing. Yakni menganjurkan agar seluruh warga tidak kerap keluar rumah, terlebih kemudian membentuk simpul-simul keramaian. Termasuk cangkrukan bersama. Itu tidak boleh,” kata Rama. (ras/fer/gus)

Editor / Reporter

baca juga

Mokong, 31 Warga Dibawa ke Mapolres Bangkalan

Agus Memorandum

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Memorandum

AKBP Rama Bantu Tim Satgas Antisipasi Penyebaran Covid-19

Agus Memorandum