Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Kapolres Bangkalan dan Dua Pejabat Utama Terima Penghargaan Promoter dari Lemkapi

Kapolres AKBP Rama Samtama Putra, Kasatreskrim AKP Agus Sobarnapraja, dan Kasatlantas AKP Andhika Mizaldy Lubis usai menerima penghargaan dari Direktur Eksekutif Lemkapi.

Bangkalan, memorandum.co.id – Berbagai inovasi yang dikembangkan Polres Bangkalan dalam setahun terakhir ini membuahkan torehan prestasi.


Seperti penghargaan promoter dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) kepada Kapolres AKBP Rama Samtama Putra, Kasatreskrim AKP Agus Sobarnapraja, dan Kasatlantas AKP Andhika Mizaldy Lubis, Rabu (23/9/2020).


Disaksikan seluruh kabag, kasat dan 17 kapolsek jajaran, penyerahan penghargaan promoter langsung diserahkan Direktur Eeksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan, SH MH di Gedung Serbaguna Mapolres Bangkalan.

Penghargaan pertama diterimakan kepada Kapolres AKBP Rama Samtama Putra, menyusul Kasatreskrim AKP Agus Sobarnapraja, dan Kasatlantas AKP Andhika Mizaldy Lubis.

“Diam-diam Lemkapi dalam beberapa bulan terakhir ini melalukan survei di lingkungan Polda Jatim. Termasuk survei angka kepercayaan masyarakat terhadap layanan Polres, serta berbagai inovasi yang dikembangkan,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan SH MH, ketika didapuk menyampaikan sekapur sirih sambutan.

baca juga :  Obrak Balap Liar, Amankan 21 Motor

Hasilnya, angka kepercayaan masyarakat Kabupaten Bangkalan terhadap Polres Bangkalan mencapai 89,2 persen. Angka ini tergolong tinggi. Itu terjadi berkat kreatifitas Polres Bangkalan dalam mengembangkan berbagai inovasi berbasis layangan publik. Itu sebabnya, adalah hal yang logis jika Lemkapi menganugerahkan penghargaan promoter kepada kapolres, kasatreskrim, dan kasatlantas.

Sebelumnya, dalam pemaparannya, Rama mengunggah secara detail tentang ragam terobosan baru yang dikembangkan baik sebelum dan ketika gejolak pandemi mulai menggurita di Kabupaten Bangkalan. Semuanya berbasis layanan publik.

Di antaranya, selain mengoperasikan samsat dan SIM keliling, polres juga merealisir layanan pembuatan dan perpanjangan SIM, pembayaran dan perpanjangan pajak motor secara online. Termasuk layanan SKCK dan lainnya.

baca juga :  Polres Bangkalan Dirikan 4 Pos Screening untuk Deteksi Pendatang dari Red Zone

“Ketika pandemi mulai bergolak sejak Maret lalu, polres secara terpadu bersama TNI, satpol PP, dinas perhubungan, dinas kesehatan, dinas kominfo yang tergabung dalam Tim Satgas Pemkab, juga banyak mengupayakan terobosan baru guna meredam Covid-19,” ungkap Rama.

Di antaranya, polres sebagai penanggungjawab operasional lapangan Tim Satgas Covid Pemkab, tidak hanya rajin menyekat di jalan akses Jembatan Suramadu sisi Madura dan kompleks Pelabuhan Kamal, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Lebih dari itu, Rama juga memprakarsai terbentuknya 64 Kampung Tangguh Semeru (KTS) di lini kecamatan,  Ponpes Tangguh, Industri Tangguh, Mal Tangguh, Terminal Tangguh, dan Restoran Tangguh.

baca juga :  Perkokoh Kemitraan via Ajang Ngopi Bareng

Terakhir, juga menggas terbentuknya Mobil Patroli Tangguh Covid-19 di 17 polsek jajaran, menyusul kemudian terbentuknya Tim Mobile Covid Hunter para awal pekan ketiga September lalu.

”Alhamdulillah, berkat upaya semua upaya itu, Kabuaten Bangkalan yang semula menduduki peringkat keenam tertinggi sebaran Covid-19 di Jatim, kini sudah menurun ke posisi peringkat ke-17,” pungkas Kapolres AKBP Rama Samtama Putra. (ras/fer)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Wakapolres Bangga dengan Perkembangan Pencak Silat di Bangkalan

Ferry Ardi Setiawan

Viral di Medsos, Edukasi Protokol Kesehatan Ala Akting Brigpol Vicky Hartinanda Muin

Ferry Ardi Setiawan