Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Kapolres Bangkalan Launching Aspol Tangguh Semeru Covid-19

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra ketika meresmikan Aspol Tangguh Semeru Covid 19.

Bangkalan, Memorandum.co.id – Kiat Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra untuk memberdayakan komunitas masyarakat agar ikut berperan serta aktif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covidf 19 terus dikembangkan.
Setelah melaunching Kampung Tangguh, Industri Tangguh dan Mall Tangguh Semeru Covid 19, kali ini, Rama, sapaan akrab Kapolres, berinisiatif melaunching Asrama Polisi (Aspol) Tangguh Semeru Covid 19 di kompleks asrama Polisi Kelurahan Pejagan, Kecamatan Bangkalan, kemarin.

“Aspol Tangguh Semeru Covid 19 ini merupakan pengembangan dari Kampung Tangguh yang sudah kita bentuk di lingkup pedesaaan yang kini sudah berjumlah 50 lebih,” kata Rama.

Seperti Kampung Tangguh, pembentukan Aspol Tangguh di kompleks asrama Polisi ini merupakan kolabrorasi berbasis masyarakat untuk mengatasi problem pandemi coronavirus disease atau covid 19.
Atau dengan kata lain, melalui peran dan fungsi Aspol Tangguh ini, komunitas 35 KK penghuni asrama bisa bergerak serentak untuk bersama berupaya mencegah penyebaran covid 19 secara mandiri. Setidaknya di lingkungan asrama dan warga sekitarnya.

Untuk itu, dalam opersionalnya, Aspol Tangguh ini juga diharap mampu memberdayakan enam divisi kegiatan. Yakni divisi keamanan, divisi kesehatan, divisi pangan dan obat, divisi humas, divisi sarana dan prasarana, serta divisi pemakaman.

“Alhamdulillah saya pantau tadi, di Aspol Tangguh ini sudah ada dapur umum, juga budidaya ternak lele, sarana prasarana dan fasilitas kesehatan. Jadi operasional Aspol Tangguh ini sudah bisa dilaksanakan oleh komunitas 35 KK anggota Polisi penghuni asrama,” tandas Rama.

Menurut Rama, asrama Polisi di lingkup bekas kantor induk Mapolres Bangkalan di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Bangkalan itu dihuni oleh anggota Polri aktif. Mereka dalam kesehariannya juga terjun ke lapangan bersama Tim GugusTugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pemkab.

“Jadi mereka yang ada di garda terdepan untuk memutus mata rantai virus, juga cukup rentan untuk bisa terpapar,” tegas Rama.

Itu sebabnya, terbentuknya Aspol Tangguh Semeru Covid 19 di lingkungan asrama hunian mereka, sudah sepantasnya dibentuk dan diterapkan dengan disiplin. Targetnya, agar asrama mereka tidak menjadi klaster baru penyebaran covid 19.

Tidak hanya Aspol Tangguh. Sehari sebelumnya, Jumat (12/6) sore lalu, Rama bersama Bupati R Abdul Latif Amin Imron, Ketua DPRD H Muh Fahad dan anggota Fokopimda, juga melaunching terbentuknya Industri Tangguh Covid 19 di PT Adiluhung Sarana Segara Putra, serta Mall Tangguh di Bangkalan Plaza. Keduanya juga di wilayah Kecamatan Bangkalan. (ras)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Tim Labfor Polda Ungkap Penyebab Korsleting RSUD Syamrabu

Aris Setyoadji

Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Bersihkan Balai Diklat BKPSDA

Agus Supriyadi