Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Blitar

Kapolres Blitar Kota Tekan Penyebaran Covid-19

Kasat Sabhara AKP Yudarso bersama jajaran saat operasi yustisi

Blitar, Memorandum.co.id – Polres Blitar Kota kembali menggelar operasi yustisi atau penegakan disiplin protokol kesehatan dalam rangka tindak lanjut Inpres RI no 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Operasi penegakan protokol kesehatan yang diadakan di Jalan Mawar utara Pasar Legi Kota Blitar ini dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Yudarso. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan razia terhadap pengendara yang melewati jalan mawar kemudian dilakukan pendataan. Kemudian mendata pelanggar meliputi nama, usia dan alamat lengkap. Selain itu petugas juga memberikan imbauan terkait pencegahan wabah covid-19 serta memberikan masker kepada pengendara yang melanggar.


AKP Yudarso saat memimpin operasi yustisi menjelaskan, setiap pelanggar akan dikenakan sanmsi baik tipiring atau tindak pidana ringan, serta sanksi di tempat lainnya.

baca juga :  Kapolres Blitar Kota Siap Jalin Kerjasama Tuntaskan Covid-19

“Diharapkan semua warga mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Operasi serupa akan terus dilakukan dengan lokasi berbeda menyebar di semua wilayah Blitar,” jelas Yudarso.

Operasi yustisi pendisiplinan wajib pakai masker bertujuan untuk penegakan hukum serta meningkatkan disiplin terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan dilakukan dengan memberikan imbauan dan teguran yang bersifat ringan serta sanksi sosial maupun moral bagi pelanggar yang tidak menggunakan atau memakai masker.

“Ketika ditemukan saat Operasi Yustisi ada sebagian masyarakat, baik saat berada di tempat keramaian, saat mengendari sepeda motor dan mobil belum menggunakan masker. Petugas mengingatkan untuk menggunakan masker, jika mereka tidak memiliki masker maka petugas Operasi Yustisi memberikan dan atau memasangkan masker kepada mereka yang melanggar protokol kesehatan,” lanjut Yudarso.

baca juga :  Kapolres Blitar Kota Gelar Pasukan Amankan Natal dan Tahun Baru

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Blitar Kota, Iptu Ahmat Rochan menjelaskan, dari kegiatan ini terdapat pelanggaran dengan sanksi teguran.

“Satgas gabungan memberikan edukasi kepada warga masyarakat terkait protokol kesehatan, pemakaian masker yang benar dan berapa maksimal pemakaian masker saat dipakai serta mengingatkan untuk disiplin menggunakan masker. Bersama cegah penyebaran virus corona di kota Blitar,” pungkas Rochan.(Pra)

Reporter : Biro Blitar

baca juga

Yonif 511/DY Baksos Donor Darah di Polres Blitar Kota

Ferry Ardi Setiawan

Tunjang Pengamanan Pilkada, Kapolres Blitar Kota Lengkapi Motor Bhabinkamtibmas

Aziz Manna Memorandum

Tingkatkan Kesehatan Anggota, Kapolres Blitar Kota Berbagi Vitamin

Aziz Manna Memorandum