Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Kapolres Jauhari Serahkan Pemotongan Hewan Kurban ke RPH

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari menyerahkan hewan kurban kepada Plt Sekretaris Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk pemotongan di RPH.

Probolinggo, memorandum.co.id – Hari Raya Iduladha tahun ini harus kembali dirayakan dengan berbagai pembatasan mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai.

Namun hal itu tentu tak mengurangi makna, bahkan semakin menambah keikhlasan serta ketakwaan kepada Allah SWT.


Dalam masa pandemi Covid-19 , tidak sedikit aspek bisnis yang merosot dan faktor ekonomi bisa dinyatakan semakin sulit, dalam menyambut Hari Raya Iduladha 1442 H Polres Probolinggo Kota tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Khoiril beserta jajaran menyerahkan langsung hewan kurban ke Rumah Potong Hewan (RPH), milik Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo, Selasa (20/7/2021).

baca juga :  PAIH Kedungwaru Cek Prokes Masjid

Penyerahan hewan kurban ke RPH untuk membantu pemotongan agar tidak menimbulkan kerumunan di masa pandemi.

Jumlahnya 2 ekor sapi dan 22 kambing. Nanti setelah dipotong, lalu dibungkus dan diserahkan kepada bhabinkamtibmas yang akan membagikan daging kurban secara door to door kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga kurban ini membawa berkah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Harapannya juga, terhadap petugas di RPH mematuhi protokol kesehatan,”ujar Jauhari.

Soal kesiapan petugas RPH, Plt Sekretaris Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan, Aries Susanto menjelaskan, RPH siap melaksanakan pemotongan kurban. Apalagi, pihaknya juga mendorong masyarakat dapat memanfaatkan RPH.

baca juga :  Srikandi Polres Probolinggo Kota Patroli Sambil Bagikan Masker

“Kami mengimbau masyarakat untuk bisa melakukan penyembelihan hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) untuk menghindari kerumunan,”tuturnya.

Selain dalam rangka mencegah terjadinya kerumunan massa saat penyembelian hewan kurban, anjuran pemerintah agar penyembelian hewan kurban dilakukan di RPH juga agar pelaksanaan pemotongan hewan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebab, jika penyembelihan dilakukan di RPH, maka tentang kondisi hewan yang hendak disembelih, seperti aman, sehat, utuh dan halal atau “Asuh” bisa terpantau.

“Jika penyembelihan di RPH, maka petugas akan terlebih dahulu melakukan deteksi dini tentang kondisi hewan kurban, seperti kesehatannya dan penyakitnya. Petugas akan memastikan terlebih dahulu, bahwa hewan yang hendak disembelih tersebut bebas dari penyakit,” kata Aries Susanto.

baca juga :  Polres Probolinggo Kota Masifkan Edukasi Protokol Kesehatan

Hanya saja, lanjut Aries Susanto, saat Hari Raya Iduladha ini, Pemkot Probolinggo mendorong agar masyarakat bisa memanfaatkan RPH tersebut. Selain menganjurkan agar pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH, juga meminta agar pola pendistribusian hewan oleh panitia pelaksanaan dengan cara diantar ke rumah masing-masing calon penerima hewan kurban.

“Kami berharap anjuran pemerintah ini benar-benar diperhatikan, karena ini menyangkut kebaikan bersama, yakni mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Probolinggo,”pungkasnya. (mhd/fer)

baca juga

Warga Probolinggo Masih Bandel Tak Bermasker

Aziz Manna Memorandum

Warga Kanigaran Tewas Mengambang di Sungai Gladser

Aziz Manna Memorandum

Wakapolres Probolinggo Kota: Pertegas Penerapan Jaga Jarak

Aziz Manna Memorandum