Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Kapolres Lumajang dan Probolinggo Saling Support Sukseskan Program Donor Plasma Konvalesen

AKBP Eka Yekti Hananto Seno mendampingi Kapolres Probolinggo

Lumajang, Memorandum.co.id – Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mendampingi rombongan dari Polres Probolinggo melaksanakan donor plasma konvalesen di UTD PMI Kabupaten Lumajang, Kamis (18/2).

Dalam kesempatan tersebut tampak Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan yang merupakan penyintas Covid-19 mengikuti donor plasma konvalesen yang secara nasional pencanangannya dipimpin oleh Wakil Presiden RI pada 18 Januari yang lalu.


“Ini adalah donor llasma konvalesen pertama saya,” ujar AKBP Ferdy.

Ferdy mengatakan, dirinya terpapar covid-19 dan dinyatakan sembuh pada bulan Agustus 2020 yang lalu. Ia menjelasakan, pada Senin sebelumnya ada sekitar 30 anggotanya yang merupakan penyintas Covid melakukan uji screening di PMI Probolinggo dan 10 orang dinyatakan lolos untuk ke tahapan selanjutnya.

baca juga :  Satlantas Polres Lumajang Latih Banser

“Tapi setelah dilakukan uji screening lagi dari 10 orang tersebut hanya 8 yang bisa mengikuti donor plasma karena ada faktor lain yang tidak memungkinkan untuk menjadi pendonor. Kita tekankan ke internal kesatuan untuk proaktif dalam kegiatan donor plasma ini,” jelas Ferdy.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno saat ditemui terpisah mengatakan, kehadirannya di UTD PMI Lumajang untuk menyambut dan mensupport Kapolres Probolinggo yang merupakan rekan 1 angkatan dengannya dalam mengikuti kegiatan donor plasma ini.

“Ya namanya saja teman satu letting, kalau saya gak hadir nanti dikira sombong,” ujarnya bercanda.

baca juga :  Polres Lumajang Ajak Potmas SKD Tangkal Radikalisme

Menurut Eka, kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari arahan Kapolda Jatim terkait program 100 hari Kapolri yang mana imbauan ke seluruh Polres jajaran untuk berperan aktif khusunya anggota yang merupakan penyintas dalam menyukseskan program donor plasma konvalesen.

Sebagai salah satu inisiator gerakan plasma konvalesen di wilayah Tapal Kuda, AKBP Eka Yekti sudah melakukan tindakan tindakan nyata sebagai wujud untuk mendongkrak antusias personilnya serta masyarakat penyintas covid agar lebih aktif lagi melakukan donor plasma konvalesen dan ikhlas membantu para pasien covid yang membutuhkan.

Eka mengimbau ke Polsek jajarannya untuk aktif mendata para mantan pasien covid diwilayahnya masing masing dan memfasilitasi kendaraan untuk mengantarkan calon pendonor ke UTD PMI Lumajang.

baca juga :  Ini Lokasi dan Hasil Kejahatan Bandit Curanmor yang Ditembak Tim Kuro

“Saya sudah melaksanakan donor plasma yang keempat, ini diikuti oleh Kapolres Probolinggo, dan saya yakin tanpa diperintah pun Polres-Polres lain akan mengikuti kegiatan ini khususnya di wilayah Tapal Kuda. Mengingat ketersediaan plasma konvalesen di PMI Lumajang ini sangat terbatas dan menjadi penyuplai plasma tidak hanya di wilayah tapal kuda tapi diwilayah wilayah lainnya, ayo kita sukseskan sebagaimana slogan dari yang pernah positif untuk yang positif,” pungkas Eka (Ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Warga Kedungjajang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Agus Supriyadi

Wakapolres Pimpin Pemeriksaan Kelayakan Senpi

Agus Supriyadi

Wakapolres Lumajang Ikuti Prosesi Harjalu ke-765

Aziz Manna Memorandum