Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Tapal Kuda » Lumajang » Kapolres Lumajang Gelar Simas Galar dan Pembinaan SKD
Lumajang

Kapolres Lumajang Gelar Simas Galar dan Pembinaan SKD


Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar foto bersama para kabag, kasat serta kades, muspika dan perwakilan SKD.

Lumajang, memorandum.co.id – Keamanan lingkungan tentunya bukan hanya tugas polisi saja, melainkan harus ada peran serta masyarakat. Salah satunya Satgas Keamanan Desa (SKD) yang sudah hampir terbentuk di seluruh desa di wilayah Kabupaten Lumajang.

Demikian yang disampaikan Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar ketika memimpin silaturahmi dalam rangka Simas Galar (solusi kamtibmas tiga pilar) di Balai Desa Madurejo, Kecamatan Pasirian, Rabu (15/1).

Pada kesempatan itu, kapolres juga mengundang tiga anggota SKD yang sudah terbentuk di masing -masing desa di wilayah Kecamatan Pasirian. Mereka adalah SKD Selok Anyar, SKD Selok Awar-Awar, dan SKD Bago, juga dihadiri jajaran Muspika Pasirian.

Dijelaskan pula bahwa, SKD punya peran serta kontribusi besar kepada pihak kepolisian dikarenakan ikut menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas)

“Jujur kami merasa terbantu dengan keberdaan SKD, untuk itu, kami ucapkan terma kasih yang sedalam-dalamnya,” ujar Adewira.

Diakui Adewira, anggota SKD memilki kesadaran dan loyalitas yang tinggi khususnya kepada masyarakat dan pemerintahan desa. Untuk itu kapolres berharap, jangan sampai ada anggota SKD yang ikut menjadi anggota kejahatan. Dikarenakan, hal itu akan merusak citra dan marwah SKD yang ada.

Lebih dalam kapolres berpesam, jika menangkap pelaku kejahatan, diharapkan jangan main hukum sendiri namun menyerahkan kepada pihak kepolisian.

“Memang anggota SKD sendiri juga punya wewenang untuk menangkap para pelaku kejahatan, namun untuk proses hukumnya adalah tugas dari kepolisian,” terang Adewira.

Diakhir sambutannya kapolres menegaskan, tugas pembinaan kepada SKD bukan hanya dari pihak kepolisian saja melainkan juga tugas dari tiga pilar yang ada, yaitu polisi (kapolres, kapolsek dan bhabinkamtibmas),TNI (dandim, danramil dan babinsa) sedangkan pemerintahan ( bupati, camat dan kades).

“Hari ini, adalah awal kami mendatangi desa-desa untuk mengukuhkan sekaligus pembinaan kepada SKD di desa-desa lainnya,” pungkas Adewira. (tri/fer)

 

Editor / Reporter

baca juga

Tim Cobra Tangguh Polres Lumajang Tembak Bandit Curanmor

Aziz Manna

Lima Tahun Sembunyi di Malaysia, Buronan Ini Akhirnya Tertangkap

Agus Memorandum

Kapolres Lumajang Terima Penghargaan Pin Emas dari Kapolri

Aziz Manna