Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Malang

Kapolres Malang Raih Beragam Prestasi Sepanjang 2019

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung

Malang, Memorandum.co.id – Tahun 2019, Polres Malang di bawah komando AKBP Yade Setiawan Ujung SH SIK MSi telah menorehkan prestasi luar biasa.

Penghargaan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melengkapi segudang prestasi yang sudah diraih sebelumnya.

Penghargaan ini menjadi sebuah kebanggaan karena mampu bersaing dengan hampir 500 Mapolres se Indonesia, dan hanya lima Mapolres yang meraih predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), salah satunya Mapolres Malang.

Prestasi ini merupakan perjalanan dari prestasi sebelumnya, tahun 2018 Polres Malang meraih predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi). Bulan Nopember 2019, meraih penghargaan pelayanan publik nilai tertinggi yaitu A kategori “Pelayanan Prima” yang diperoleh enam Polres se Indonesia.

Tahun 2017 dan 2018, Polres Malang berhasil memperoleh nilai pelayanan publik “Sangat Baik” dari Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB.

“Untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM ini Polres Malang sejak tahun 2017 sudah membangun zona integritas dengan membenahi seluruh sektor pelayanan publik dan enam komponen persyaratan,” jelas Kapolres Malang ini.

Disampaikan, ada enam komponen pengungkit yang menjadi pertimbangan penilaian dari Kementerian PAN RB untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM. Diantaranya, Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. “Juga ada dua komponen hasil yang juga dipertimbangkan dan dinilai yakni, Indeks Persepsi Anti Korupsi dan Indeks Persepsi Pelayanan Publik,” terangnya.

Pembangunan zona integritas menurutnya diselaraskan dengan program penguatan Promoter Kapolri yang dijabarkan di Polres Malang dengan mengusung Program 77 Unggul yang mayoritas berkaitan dengan zona integritas.

Polres Malang telah memiliki inovasi unggulan yang mendukung diraihnya predikat WBK dan WBBM. Diantaranya, program SIMANIS, Coaching Clinic Praktik SIM, Complain Visiting, 3 in 1 Public Service, Malang E Policing, CJS online, MICC (Malang Integrated Command Center), bedah rumah, Police Everywhere, Effective Patrol to Preventing Crime, Zero Complain dan program-program lainnya yang telah dijalankan Polres Malang.

“Alhamdulillah. Saya sangat bangga dengan diraihnya aneka penghargaan oleh Polres Malang. Penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Malang sebagai wujud peningkatan kinerja Polres Malang,” ujar Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung. (*/ari/sr)

baca juga

Wujudkan Rasa Aman, Polres Malang Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019

Agus Supriyadi

Warga Desa Sedayu Siap Tangkal Covid-19, Kapolres Malang Beri Apresiasi

Aris Setyoadji

Wakapolres Malang Kunjungi Dapur Umum Singosari

Aziz Manna Memorandum