Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Malang

Kapolres Malang Semangati Bhabinkamtibmas

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar memantau langsung pelaksanaan rapid test Bhabinkamtibmas.

Malang, Memorandum.co.id – Untuk meningkatkan kinerja kepolisian, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar memberikan pengarahan dan memotivasi Bhabinkamtibmas dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 di Aula Sanika Satyawada Polres Malang, Kamis (18/6).

Bersamaan, dilakukan rapid test oleh tim Urkes Polres Malang terhadap 113 Bhabinkamtibmas dari rayon Tumpang dan Pagak. Ini untuk memastikan kondisi petugas yang setiap hari melakukan aktivitas di lapangan.

Kapolres mengatakan, Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan sebagai wujud representatif Polri yang hadir ditengah masyarakat.

“Sehingga Bhabin agar menciptakan hubungan yang baik dengan instansi samping maupun warga agar dapat memperlancar dan mendukung semua kegiatan,” katanya.

Di masa pandemi Covid-19 ini peran Bhabinkamtibmas sangat besar untuk memantau wilayahnya secara detail sehingga dapat dilakukan antisipasi dan apabila ada hal yang membutuhkan tindakan dapat segera dilakukan dengan cepat dan tepat.

Terkait dengan penanganan Covid-19, Bhabinkamtibmas juga dapat melakukan pendeteksian awal apabila ditemukan masyarakat yang terpapar virus corona. Dengan begitu segera dapat ditentukan langkah sesuai dengan prosedur yang ada.

Selain itu, Kapolres Malang juga mengingatkan pada Bhabinkamtibmas agar secara terus menerus melakukan sosialisasi dan menghimbau untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ini untuk menghindari adanya persoalan di lapangan, misalnya terjadinya pengambilan secara paksa jenazah korban Covid-19 oleh keluarga maupun penolakan pemakaman di wilayahnya.

“Hal ini jangan sampai terjadi, oleh karena itu perlu diberikan edukasi pada masyarakat,” terangnya.

Untuk menguatkan ketahanan masyarakat, perlu dilakukan upaya memaksimalkan pembentukan Kampung Tangguh Semeru (KTS) bersama dengan masyarakat. Dan untuk desa yang diketahui ada warga yang postif maka pembentukan KTS perlu diwujudkan.

Terkait dengan bantuan sosial, Kapolres Malang menugaskan Bhabinkamtibmas melakukan pendampingan secara melekat terkait pendistribusian bantuan sosial dari pemerintah. Ini agar bantuan tersebut tepat sasaran.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Malang Iptu Bagus Wijanarko menyampaikan pengarahan Kapolres Malang pada Bhabinkamtibmas untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

“Yang mengikuti kegiatan ini dari rayon Tumpang dan Pagak,” jelasnya. (*/ari)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Zero Covid-19, Desa Sumberdem Dirikan Kampung Tangguh Semeru

Agus Supriyadi

Wujudkan Rasa Aman, Polres Malang Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019

Agus Supriyadi

Warga Desa Sedayu Siap Tangkal Covid-19, Kapolres Malang Beri Apresiasi

Aris Setyoadji