Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Malang

Kapolres Malang: Semua Polsek Buat 2 Kawasan Physical Distancing!

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Malang, Memorandum.co.id – Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menginstruksikan semua Kapolsek jajaran untuk menyiapkan dua kawasan sebagai area physical distancing yang dikosongkan dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19.

Perintah ini menyusul langkah Polres Malang yang telah menetapkan dua kawasan physical distancing, yaitu kawasan Jalibar (Jalur Lintas Barat) di Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen dan perumahan Villa Puncak Tidar di Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau. Launching kedua kawasan itu telah dilakukan bersama Forpimda Kab Malang, kemarin.

Kapolres mengatakan, penetapan kawasan physical distancing ini untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19.

“Di Kabupaten Malang sudah ada dua lokasi yaitu Jalibar Kepanjen dan perumahan Villa Bukit Tidar, lebih lanjut dikembangkan di wilayah Polsek. Untuk itu saya minta Kapolsek menyiapkan dua tempat,” terangnya, Minggu (29/3/2020).

Untuk pelaksanaan di lapangan, Kapolres Malang telah berkoordinasi dengan Bupati Malang dan Dandim 0818 Malang – Batu, sehingga dapat memudahkan koordinasi di wilayah kecamatan.

“Pak Bupati sudah setuju, nanti Camat akan diinfokan untuk membuat physical distancing bersama Kapolsek dan Danramil,” papar Kapolres.

Dijelaskan, jalur physical distancing yaitu jalur yang bisa dikosongkan seperti Jalibar sehingga jalurnya tidak terlalu panjang cukup 300 m – 400 m tapi benar-benar steril. Dalam penetapan area perlu koordinasi dengan pemangku wilayah setempat, RT/ RW dan kelurahan. Alternatif tempat antara lain tempat yang tidak terlalu padat penduduk, perumahan one gate system, tempat wisata.

“Upayakan jalur yang mungkin ada rumah TKI atau ada warga yang ODP atau PDP,” lanjut Hendri Umar seraya menyampaikan launching dapat dilakukan dengan Muspika dan didokumentasikan.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Nining Husumawati menyampaikan, pengembangan kawasan physical distancing di wilayah Polsek ini telah disampaikan ke Kapolsek dan diharapkan segera dilaksanakan.

“Nantinya semua Polsek akan melaporkan perkembangannya. Semoga upaya mencegah penyebaran covid 19 ini segera membuahkan hasil,” tuturnya. (*/ari)

baca juga

Wujudkan Rasa Aman, Polres Malang Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019

Agus Supriyadi

Warga Desa Sedayu Siap Tangkal Covid-19, Kapolres Malang Beri Apresiasi

Aris Setyoadji

Wakapolres Malang Kunjungi Dapur Umum Singosari

Aziz Manna Memorandum