Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Kasus Tipu Gelap Mantan Camat Kras Kediri Disidangkan

Sidang virtual dengan terdakwa mantan Camat Kras, Suherman.

Kediri, memorandum.co.id – Kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan mantan Camat Kras Kabupaten Kediri, Suherman terkait rekrutmen perangkat Desa Banjaranyar memasuki tahap persidangan, di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri, Rabu (4/11/2020).


Sidang dengan nomor perkara; 434/Pid.B/2020/PN Gpr ini merupakan sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Tomy Marwanto.


Dalam surat dakwaan, dijelaskan pada intinya terdakwa Suherman hendak menguntungkan diri sendiri dengan keadaan palsu maupun dengan karangan perkataan bohong, membujuk supaya orang memberikan sesuatu barang (uang).

baca juga :  Polres Kediri Limpahkan Berkas Tahap Dua Mantan Camat Kras

Kemudian, akibat perbuatan terdakwa telah menyebabkan Miskan mengalami kerugian Rp 125 juta. Perbuatan terdakwa tersebut sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 372 KUHP.

Usai pembacaan dakwaan, penasihat hukum (PH) Sutrisno langsung mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan.

Setelah dirasa tidak ada tanggapan dari PH terdakwa terkait dakwaan JPU, ketua majelis hakim Meliana langsung menutup sidang dan akan dilanjutkan satu minggu ke depan.

Usai persidangan, Sutrisno mengatakan dakwaan dari JPU perlu dibuktikan. “Dari dakwaan jaksa nanti kita butuh pembuktian. Saya yakin klien saya (Suherman, red) tidak bersalah dan kita punya bukti-bukti,” ucapnya.

baca juga :  Sengketa PRSDP Kediri, Hakim Tingkat Banding Kuatkan Putusan PN

Sutrisno menambahkan, pihaknya akan mengajukan saksi-saksi dan bukti yang dapat meringankan maupun membebaskan kliennya. Sidang ini digelar secara virtual. Terdakwa Suherman tidak dihadirkan di persidangan. Hal ini dilakukan lantaran untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. (mis/mad/fer)

Reporter : Biro Kediri

baca juga

Sengketa PRSDP Kediri, Hakim Tingkat Banding Kuatkan Putusan PN

Aziz Manna Memorandum

Polres Kediri Limpahkan Berkas Tahap Dua Mantan Camat Kras

Ferry Ardi Setiawan