Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Kecamatan Asemrowo Gelar Donor Darah Berhadiah

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro menjalani proses pengambilan darah.

Surabaya, memorandum.co.id – Di tengah masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda ini, Kecamatan Asemrowo bersama PMI Surabaya menggelar donor darah, Selasa (9/2/2021).

Ratusan peserta di lingkungan Asemrowo mengikuti kegiatan kemanusiaan tersebut, dengan tujuan solidaritas dan menumbuhkan kesadaran sosial masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19 di Surabaya. Mulai dari karyawan kecamatan, kelurahan, aparat tiga pilar, serta masyarakat Asemrowo secara bergiliran mendonorkan darahnya.


Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro mengatakan bahwa donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di wilayahnya.

baca juga :  Relawan Milenial KPMA Wonokromo Donor Darah

“Meskipun di masa pandemi, partisipasi masyarakat masih tetap ada. Kami dari Kecamatan Asemrowo mengagendakan rutin itu untuk memfasilitasi bagi karyawan kecamatan dan kelurahan, aparat tiga pilar dan masyarakat,” papar Bambang.

Kendati demikian, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dalam pelaksanaan kegiatan donor darah. Bambang mengaku, bahwa pada masa sosialisasi kegiatan ini, terdapat beberapa warga bahkan komunitas yang menanyakan perihal prosedur donor darah.

“Mereka.banyak yang bertanya, apakah harus menjalani rapid test atau swab test terlebih dulu. Kami jelaskan tidak perlu, karena dalam prosesnya dapat dipastikan bahwa kami menerapkan protokol kesehatan ketat,” bebernya.

baca juga :  PLN Bersama PMI Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Mulai dari, mengarahkan peserta donor darah ke dalam bilik sterilisasi, memerika suhu badan, memberlakukan physical dan social distancing, memakai masker, serta mencuci tangan sebelum mengikuti kegiatan tersebut.

Bambang mengungkapkan bahwa terdapat hal yang berbeda pada donor darah yang diselenggarakan Kecamatan Asemrowo kali ini.

“Donor darah hari ini kita bagikan door prize untuk peserta, ya untuk berbagi sekaligus menarik minat masyarakat. Juga ada hiburan dari komunitas Baksos’e Suroboyo, tentu dengan protokol kesehatan,” terangnya.

Bambang berharap kegiatan donor darah dapat menumbuhkan kesadaran sosial masyarakat Asemrowo khususnya.

baca juga :  Gelar Aksi Donor Darah di Tengah Pandemi Covid-19

“Dan menjadikan kegiatan rutin ini sebagai perilaku hidup sehat. Selain itu juga bisa mengisi stok darah yang dimiliki PMI,” pungkas Bambang. (mg-1/fer)

baca juga

Yonif 511/DY Baksos Donor Darah di Polres Blitar Kota

Ferry Ardi Setiawan

Tambah Stok Darah, Polresta Malang Kota Donor Darah

Aris Setyoadji

Sumbangkan Darah di HUT ke-59 Brigif Raider 9/Kostrad

Aris Setyoadji