Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pilbup Sidoarjo

Kelana-Astutik Siap Bantu Peternak Lele dalam Pemasaran dan Bibit

Dwi Astutik saat berkunjung ke peternak lele.(ags)

Sidoarjo, memorandum.co.id – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Kelana-Astutik, berjanji akan memberikan perhatian kepada para petani lele. Para petani atau peternak lele  akan dibantu pemasaran dan akses kemudahan untuk mendapatkan bibit.


Hal itu ditegaskan calon wakil bupati, nomor urut 3, Dwi Astutik saat berkunjung ke peternak lele di Desa Kepodang, Kecamatan Candi,  Sidoarjo.


Ia mengatakan peternak lele harus mendapat perhatian dalam hal pemasaran, dan kemudahan untuk mendapat bibit. “Pemasaran yang baik, dan bibit yang murah, sangat membantu para petani lele. Makanya mereka harus diperhatikan,”tutur Dwi Astutik.

Jika diamanati ke Pendopo, Kelana dan  Dwi Astutik ingin  usaha produk rumahan termasuk pertanian dalam hal ini petani lele, mendapat tempat yang sesui porsinya.

“Banyak hal yang harus dikuatkan. Bibitnya murah, pakannya murah, tapi tetap memperhatikan kualitas. Kemudian alatnya juga diperhatikan,”tambahnya.

Harusnya Sidoarjo bisa memiliki produksi pelet sendiri untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pabrik. Bisa juga dengan cara menggandeng perusahaan dan juga bekerja sama dengan para ahli untuk membuat pakan lele mandiri untuk Sidoarjo.

Jefri Dwi Saputro, salah satu tokoh peternak lele, mengemukakan, pihaknya  membangun kemitraan Kelompok Budidaya Ikan Komunitas Masyarakat Larangan (Podakan Komar) ini dengan tujuan untuk merangkul seluruh petani lele Sidoarjo khususnya di Larangan.

Sejak tahun 2014 terjun ke dunia budidaya lele dia yang dulu juga pengepul kini membuat kemitraan ini untuk membantu pemasaran lele. “Karena lele masih belum punya pasar. Kalau di pasar ikan pasti kebanyakan menjual ikan segar, sedangkan lele masih belum,”kata Jefri.

Relasi yang dia miliki  akan dimaksimalkan untuk membantu menjual hasil panen lele di Sidoarjo khususnya di daerah Larangan ini. Pihaknya berterima kasih, kepada Dwi Astuti yang telah memberikan perhatian, kepada para peternak lele, semoga saat terpilih nanti, pemerintah hadir membantu meningkatkan lesejahteraan petani lele.(ags/jok/udi)