Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota Nasional

Kemenaker Siapkan RPP Cipta Kerja

Menteri Tenaga Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam kunjungannya ke Malang

Malang, Memorandum.co.id – Meski UU Cipta Kerja belum resmi diundangkan, namun UU ini akan berlaku jika Presiden Joko Widodo sudah menandatanganinya. UU Cipta Kerja juga akan berlaku dengan sendirinya tanpa tanda tangan Presiden jika sudah mencapai 30 hari sejak disahkan oleh DPR.


“Meski belum diundangkan. UU ini akan berlaku jika Presiden sudah tanda tangan atau jika sudah mencapai 30 hari,” ujar Menteri Tenaga Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah dalam kunjungannya ke Malang, Kamis (22/10/2020).


Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai aturan operasional dari UU Cipta Kerja ini.

baca juga :  Hartoyo: Nasi Sudah Menjadi Bubur, RUU sudah menjadi UU

“Kemenaker mendapatkan amanah untuk merumuskan empat peraturan pemerintah. Sekarang sudah mulai proses pembahasannya,” imbuhnya.

Empat RPP yang disusun itu meliputi pengupahan, Tenaga Kerja Asing (TKA), Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, dan RPP tentang Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Lebih lanjut ia mengatakan, empat hari lalu, Kemnaker telah melakukan kick-off dengan mengundang forum Tripartite Nasional untuk memberikan masukan dan membahas bersama RPP ini.

“Kami mensosialisasikan dan mengajak kepala daerah yang membidangi ketenagakerjaan di provinsi untuk sama-sama memberikan masukan dan sama-sama merumuskan RPP ini,” pungkasnya. (lis/ari)

baca juga :  Marak Aksi Unras Tolak Omnibus Law, Ini Penekanan Kasiintel Rem 081/DSJ
Reporter : Biro Arema

baca juga

Wali Kota Malang Kecam Tindakan Anarkistis Demonstran

Aziz Manna Memorandum

Tak Peduli Pandemi, Ribuan Buruh Geruduk Kantor Gubernur Jatim

Aziz Manna Memorandum

Surabaya Dikepung Unjuk Rasa Hari Ini

Syaifuddin