Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Kemenko Marves Jadikan Lumajang Pilot Project Pengembangan Perhutanan Sosial Terintegrasi

Bupati Thoriqul Haq dan Asisten Deputi Planologi Sugeng Harmono memberikan keterangan seusai acara FGD.

Lumajang, memorandum.co.id – Kabupaten Lumajang diprioritaskan menjadi salah satu lokasi pilot project sebagai model pengembangan perhutanan sosial terintegrasi.

Hal tersebut disampaikan Sugeng Harmono, Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di hadapan wartawan usai melaksanakan forum group discussion (FGD) bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Gedung PKK, Kaputan Lumajang, Kamis (11/2/2021).


“Karena memang dari hasil rapat terbatas 3 November 2020, presiden meminta ada percontohan untuk perhutanan sosial dan dari hasil diskusi ada dua lokasi perhutanan sosial, satu di Lumajang dan satu lagi di Belitung,” ujarnya.

baca juga :  Cak Thoriq Serahkan Kartu Lumajang Mengaji  kepada 6.200 Guru Ngaji

Sugeng juga menyampaikan, Lumajang memang cukup potensial untuk pengembangan perhutanan sosial terutama agro silvapostura, agro industri, dan juga pengembangan wisatanya sehingga tim memutuskan Lumajang menjadi salah satu lokasi prioritas untuk dikembangkan sebagai role model yang nantinya bisa direplikasi di tempat lain.

Konsep dari perhutanan sosial adalah pengembangan wilayah terintegrasi, sehingga memang semua kementerian lembaga, pemda baik provinsi maupun kabupaten atau kota bisa mendukung program perhutanan sosial.

“Termasuk jika diintegrasikan dalam rangka pengembangan wisata di Balai Besar TNBTS, sehingga memang semua potensi atau keunggulan yang ada di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya akan kita optimalkan termasuk pengembangan eco wisatanya”, jelasnya.

baca juga :  Pemkab Lumajang Fokus Perhatikan Sektor UMKM Terjang Pandemi

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Presiden atas gagasan ide besar ini.

Kenapa Lumajang ini menjadi prototype dari sekian banyak Kabupaten lain yang modelnya serupa karena perhutanan di Kabupaten Lumajang terintegrasi dengan wisatanya, dengan olahan industri pertaniannya, dengan jaringan usaha kemitraan yang terus berlangsung, masyarakatnya juga sejahtera bisa memanfaatkan lahan hutan karena masyarakat juga terbatas lahannya sedangkan hutannya masih luas dan bisa dimanfaatkan lebih produktif.

“Inilah yang membuat Kabupaten Lumajang menjadi salah satu pilot project nasional sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia, pembangungan ekonomi Indonesia bisa ala Indonesia yang sekarang sedang kami gagas ini,” pungkas Cak Thoriq, sapaan Thoriqul Haq ini. (ani/fer)

baca juga :  Jelang Pergantian Tahun, Bupati Lantik Ratusan Pejabat Baru Pemkab
Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Tiga Pilar Gelar Operasi Serentak Penegakan Disiplin Prokes dan Bagi-bagi Masker

Syaifuddin

Reward Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Penghafal Alquran

Ferry Ardi Setiawan

Perhutanan Sosial di Kabupaten Lumajang Jadi Percontohan Nasional

Ferry Ardi Setiawan