Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Derap

Kencur Bisa Membantu Mengurangi Stress

TAPSEL,- Program pembukaan jalan dalam program TMMD di Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kec. Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan ini sangat diperlukan guna mempermudah bagi para petani dalam melakukan kegiatan bertani maupun bercocok tanam.

Keberadaan jalan baru akan semakin menambah petani Desa Siuhom untuk membudidayakan tanaman jahe yang mempunyai berbagai manfaat khususnya pada sistem kekebalan tubuh manusia.


Pratu Ardian Dani, Selasa (13/7/2021), mengacu pada sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat kencur.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut turut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itu sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.(*)