Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Kerap Banjir, Warga Tambak Dalam Swadaya Benahi Saluran Air

Warga gotong royong membangun penutup dan membersihkan saluran drainase.

Surabaya, memorandum.co.id – Banjir yang kerap menggenangi Jalan Tambak Dalam Utama, Kelurahan Asemrowo, Kecamatan Asemrowo, membuat warga sekitar gerah. Pasalnya, setiap turun hujan genangan lambat surut.

Atas hal itu, warga sekitar memutuskan untuk menyelesaikan persoalan drainase yang diketahui penuh endapan lumpur itu secara swadaya. Sebab sebelumnya, proposal yang diajukan ke dinas terkait hanya sebatas survey, tidak ada tindak lanjut meski sudah dijanjikan pembenahan.


“Padahal drainase tersebut tanggung jawab kota namun tidak ada perhatian. Akhirnya kami mau tidak mau menyelesaikan ini secara swadaya karena masyarakat sudah cukup lelah terdampak banjir,” papar H Lukman Hakim SH, wakil ketua RW 05 Tambak Dalam Baru, Senin (22/2/2021).

baca juga :  Ada Warga Positif Covid-19, Jalan Asem Dibloking

Pelaksanaan gotong royong tersebut kemudian diikuti oleh 10 RT. Selain membersihkan saluran air, mereka juga membetulkan penutup saluran air yang sudah termakan usia.

“Untuk anggaran yang kàmi keluarkan semuanya hampir Rp 13 juta. Itu termasuk titik yang ada di sisi Barat yang juga sering digenangi air,” beber Lukman.

Tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Lukman menambahkan, hanya saja saat warga hendak meminta alat keruk untuk membersihkan, dinas terkait ogah menerjunkan.

“Kami akhirnya membersihkan drainase secara manual yang dilakukan oleh warga sendiri. Beruntung warga Tambak Dalam Baru ini kompak semua,” tuturnya.

baca juga :  Risma Minta  Warga Peduli dan Bergotong Royong

Sementara itu, Ketua LPMK Asemrowo Moch Widodo tidak berharap muluk-muluk. Dirinya ingin agar ada pengerukan di Tambak Dalam mengingat musim hujan wilayah tersebut kerap banjir yang membuat aktifitas warga mudah terganggu.

“Kalau untuk anggaran memang sudah tidak ada. Sembari menunggu musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) yang mau diadakan tahun 2022, ya harapannya paling tidak supaya ada pengerukan dulu kan itu hanya perlu alat sama SDM saja,” pungkasnya. (mg3/udi)

baca juga

Warga dan Koramil Kawedangan Gotong Royong Bersihkan Sisa Bencana

Aris Setyoadji

Rumah Mbah Bejo Diperbaiki Warga dan Babinsa

Syaifuddin

Risma Minta  Warga Peduli dan Bergotong Royong

Syaifuddin