Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Ketua TP PKK Kota Kediri Adakan Pelatihan Membuat Sabun Limbah dan Organik

Ibu-ibu PKK antusias mengikuti pelatihan.

Kediri, memorandum.co.id – Guna mendongkrak perekonomian keluarga di tengah pandemi Covid-19, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Kediri Pokja II mengadakan pelatihan membuat sabun dari bahan organik dan limbah rumah tangga.


Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar mengatakan, dengan memanfaatkan limbah, pihaknya ingin memberi bekal keterampilan kepada ibu-ibu PKK di Kota Kediri. Harapannya, melalui pelatihan ini bisa membuat produk guna menambah income keluarga.


Ferry Silviana Abu Bakar menambahkan, ibu rumah tangga yang punya waktu luang setelah mengurusi keluarga, maka bisa memanfaatkan keterampilan ini untuk membuat sabun dan kerajinan tangan lainnya.

“Jadi saya harap ibu-ibu lebih aktif mengikuti pelatihan-pelatihan. Karena bisa menambah wawasan dan penghasilan,” kata Ferry Silviana, Kamis (5/11/2020).

Melalui Pokja II yang membidangi pendidikan/pelatihan dan berkoperasi, PKK Kota Kediri selama ini aktif melakukan berbagai pelatihan. Sebelumnya juga pernah mengadakan pelatihan memasak bakso dengan mendatangkan juru masak terkenal.

Sementara Sekretaris Pokja II, Baiq R Jannah menyampaikan kali ini peserta pelatihan merupakan perwakilan anggota PKK dari 46 kelurahan di Kota Kediri, beberapa staf kecamatan dan kader Kota.

“Para peserta dilatih langsung oleh praktisi pembuat sabun yang sudah berpengalaman, yaitu Fri Hertin Novitarini,” tutur dia.

Dalam pelaksanaan pelatihan, peserta dibagi secara berkelompok. Peserta mendapatkan teori pengenalan bahan dan alat.

Ada dua jenis sabun yang dibuat. Pertama berbahan minyak jelantah dan kedua berbahan organik. Ada arang, madu, aloevera, maupun beras. Bahan-bahan ini mudah didapat di sekitar tempat tinggal dan untuk bahan kimia ditambahkan NaOH, yang bisa dibeli di toko-toko kimia.

Sabun berbahan minyak jelantah bisa digunakan membersihkan kain pel, alas karpet, lap meja, dan bisa untuk mencuci baju maupun piring. Namun tidak disarankan untuk mencuci muka dan tubuh. “Sedangkan sabun dengan bahan organik bagus untuk kulit,” pungkasnya. (mis/mad/fer)

Reporter : Biro Kediri