Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Kiprah Bripka Anafis Ajak Anak-anak Belajar Bareng Sambil Beradaptasi dengan Alam

Bripka Anafis sebagai tutor dadakan mengajak komunitas bocah untuk beralajar bersama di tengah areal pekebunan.

Bangkalan, Memorandum.co.id – Berbagai kreasi inovatif terus digulirkan Bhabinkamtibmas Polres Bangkalan, Bripda Herlambang Wahyu Anafis Satriatama untuk meningkatkan kualitas SDM warga binaan di Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan Kota.


Salah satunya, Bripka Anafis, sapaan akrabnya, akhir-akhir ini kerap menggagas ragam kegiatan positif bagi komunitas anak-anak setara bocak di lingkup desa binaannya.

”Tujuannya ya agar anak-anak kita terhindar dari kegiatan negatif terkait perkembangan peradaban yang semakin kompleks. Terutama di era kemajuan teknologi informasi berbasis internet akhir-akhir ini,” kata Bripka Anafis, Kamis (25/11) pagi.

baca juga :  Sasar Selat Madura, Satpolairud Polres Tetap Greget Edukasi Prokes di Tengah Cuaca Ekstrim

Nyatanya, Bripka Anafis kini kembali meluncurkan kreatifitas terbarunya. Dia dalam pekan terakhir ini mulai getol mengajak komunitas bocah di Desa Sambilangan untuk sering beradaptasi dengan ekosistem alam sekitar sambil belajar bersama.

“Istilah kerennya back to nature atau menggiring anak-anak untuk kembali sering menyatu dengan alam,” tandas Bripka Anafis.


Jadi waktu luang anak-anak tidak full hanya digunakan otak-atik HP untuk memelototi varian tik-tok, main game, atau sebaran info yang tak jarang berkonotasi negatif.

Alhasil, Bripka Anafis mulai kerap mengajak komunitas bocah seusia anak SD untuk pelesiran bareng. Kadang mereka diajak ke areal pekebunan, tegalan, pematang sawah atau pesisir pantai Desa Sambilangan. Di sana, mereka diajak belajar bersama. Termasuk mapel (mata pelajaran) yang biasa dipelajari di sekolah. Artinya, ekosistem alam bisa diposisikan sebagai pengganti ruang belajar mereka.

baca juga :  Satreskoba Polres Bangkalan Sita 20 Poket Sabu

“Jadi tidak hanya melulu belajar di gedung sekolah dan rumah saja,” ungkap Bripka Anafis.

Hikmahnya, jika kerap menyatu dengan alam, secara pskologis akan menggugah kecintaan anak-anak terhadap khasanah kekayaan alam Indonesia. Di sini, disadari atau tidak, benih-benih rasa cinta terhadap tanah air sudah tumbuh dan dipupuk sejak anak usia dini.

Saat anak-anak menyatu dengan alam itulah, Bripta Anafis selaku tutor dadakan, mulai aktif memainkan perannya sebagai Bhabinkamtibmas. Kadang Anak-anak diajak mengucapkan teks Pancasila. Pesan agar anak-anak ikut aktif memelihara kelestarian alam sekitar, serta tatanan budaya khas nusantara, rutin pula disipkan.

baca juga :  Satlantas Polres Bangkalan Gencar Sosialisasikan Operasi Zebra Semeru via Radio

“Tak lupa kami ajari pula agar anak kita tetap setia kepada NKRI,” pungkas Bripka Anafis. (ras)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Warning Bagi Anggota, Polres Bangkalan Gelar Apel Komitmen Bersama Antinarkoba

Ferry Ardi Setiawan

Warga Bangkalan Kian Antusias Sambut Vaksinasi

Agus Supriyadi