Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Sidoarjo

Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Baksos Donor Darah

Komunitas karang taruna Indonesia Timur foto bersama

Sidoarjo, Memorandum.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Karang Taruna Indonesia Timur menggelar donor darah di Kampung Tangguh Semeru Dusun Semampir RW 06 Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Rabu (28/10/2020).


Kegiatan yang bertajuk “bakti pemuda setetes darah untuk negeri” ini dipusatkan di balai RW 06 dan Ruang Isolasi.


Sebagai informasi, Kolaborasi Komunitas Karang Taruna Indonesia Timur ini terdiri dari gabungan komunitas Karang taruna dan warga Dusun Semampir, serta komunitas keluarga besar PSHT Sub Rayon Semampir.

Total peserta donor darah dari kartar yang mendaftar mencapai lebih 300 orang sebagai peserta kegiatan ini. Juga ada pembagian 300 masker dan sembako sebanyak 300 paket.

baca juga :  Kapolres Blitar Kota Pimpin Aksi Kemanusiaan Bersama PMI

Dalam pelaksanaan bakti sosial donor ini setiap peserta yang melakukan pendaftaran diwajibkan menjalankan protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun di tempat yang sudah disiapkan panitia, menjaga jarak, serta sterilisasi barang bawaan di bilik disinfektan dan dilakukan tes suhu badan.

“Setelah peserta melaksanakan donor darah sebagai ucapan terimakasih maka panitia memberikan bantuan 1 paket sembako dan masker,” ujar salah satu panitia.

Ketua RW 06, Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada semua warga, termasuk karang taruna dan keluarga besar PSHT sub rayon Semampir. Khususnya 76 hepiii community serta PMI Sidoarjo yang telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini.

baca juga :  Niat Tulus Kerahkan Pendonor Darah Berbuah Penghargaan

“Harapan saya dengan adanya donor darah ini mampu memberikan kontribusi untuk ikut menyelamatkan nyawa seseorang yang sedang membutuhkan darah. Kita tidak bisa membantu uang dan tenaga tetapi saya yakin dengan setetes darah kita mampu menyelamatkan nyawa seseorang,” kata ketua RW yang juga anggota TNI berpangkat Serma ini.

Sementara itu, M. Arlianto, Koordinator 76 Heppiii Community Sidoarjo menerangkan,  kegiatan kolaborasi Karang Taruna Indonesia Timur dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda kali ini mengangkat tema bakti pemuda setetes darah untuk negeri dan sudah dilakukan mulai tanggal 25, 27,28 Oktober 2020 selama 3 hari.

baca juga :  Gandeng TNI-Polri, Heppiii Community Gelar Donor Darah

“Yang pertama kita bekerjasama dengan GP Ansor Sidoarjo di Masjid Baitus Su’ada yang kedua di kantor PMI bekerjasama dengan Kodim 0816 Sidoarjo,” kata dia.

Sebagai puncak kegiatan di hari ketiga, menurut Arlianto, kegiatan ini sengaja ditempatkan di kampung tangguh Dusun Semampir. Sebab, kegiatan seperti ini cukup bagus dan rencana ke depan akan dilaksanakan setiap tahun. Sehingga diharapkan ke depan para generasi muda mampu ikut serta dalam menyumbangkan darahnya untuk kemaslahatan umat.(bwo/jok)

Reporter : Biro Sidoarjo

baca juga

Tambah Stok Darah, Polresta Malang Kota Donor Darah

Aris Setyoadji

Sumbangkan Darah di HUT ke-59 Brigif Raider 9/Kostrad

Aris Setyoadji

Sambut HUT ke-73 Bayangkara, Polres Bojonegoro Gelar Donor Darah

Aris Setyoadji