Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Komisi C DPRD Surabaya Siap Kawal Penambahan 3 RSUD Baru

William Wirakusuma.

Surabaya, memorandum.co.id – Rapat paripurna pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2021-2026 tuntas digelar. Salah satu poin penting dari hasil pansus RPJMD adalah rencana pembangunan tiga RSUD baru dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Komisi C DPRD Surabaya menyambut baik rencana ini. Anggota Komisi C William Wirakusuma menyebut, pemkot sudah mengalokasikan Rp10 miliar untuk pembangunan tahap awal. Agar terealisasi, pihaknya siap mengawal.


“Pemkot sudah alokasikan sekitar 10 miliar untuk tahap awal pembangunan RSUD Gununganyar dan Kali Kedinding. Semoga kajian perencanaan teknisnya selesai tahun ini dan tahun depan bisa mulai dibangun. Kita akan terus kawal anggaran untuk tahun-tahun berikutnya,” ujar William, Kamis (26/8/2021).

baca juga :  Ketua DPRD Surabaya Tinjau Vaksinasi 2.700 Warga di SIER

Belajar dari penanganan pandemi hampir dua tahun ini, menurut legislator dari Fraksi PSI ini Kota Surabaya perlu terus berbenah. Terutama dalam hal penyediaan dan pemerataan fasilitas kesehatan.

“Sampai saat ini Surabaya belum mempunyai RSUD di wilayah Timur, Selatan, dan Utara. Rasio puskesmasnya juga belum memenuhi standar nasional. Satu puskesmas idealnya melayani 30 ribu, di Surabaya masih sekitar 47 ribu warga,” ulasnya.

Ada dua skema pembangunan RSUD yang sudah disiapkan yaitu menaikkan status puskesmas setempat atau membuat bangunan baru. Untuk puskesmas yang naik menjadi RSUD, maka puskesmas pembantu (pustu) akan dinaikkan menjadi puskesmas untuk menjaga pelayanan kesehatan tingkat pertama.

baca juga :  Mahasiswa Demo DPRD Surabaya, Rapat Paripurna Jalan Terus

“Kita berharap pemkot dapat menggenjot sektor potensial yang dapat meningkatkan pendapatan. Dengan begini kita bisa mewujudkan pembangunan RSUD yang biayanya tentu tidak sedikit. Pembangunan bisa di mulai dengan rumah sakit tipe D atau C dulu. Nanti bertahap kita tingkatkan sesuai kemampuan anggaran. Yang penting pemerataan terwujud dulu dan semua warga bisa dekat dengan layanan kesehatan,” pungkas William. (mg3)

Reporter : Alif Bintang

baca juga

Wali Kota Surabaya: Tak Ada Lockdown di Gedung Dewan

Aziz Manna Memorandum

Wakil Ketua DPRD Surabaya Pertanyakan Dana Stimulan Kampung Tangguh

Aziz Manna Memorandum

Wacana Deposit 100 Juta Tak Sesuai Visi Misi Wali Kota Surabaya

Aziz Manna Memorandum