Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Koramil Pasirian dan Tekung Dampingi Warga Vaksinani Covid-19

Lumajang, Memorandum.co.id – Sebagai upaya pencapaian herd Immunity atau kekebalan komunal di Jabupaten Lumajang, Koramil Pasirian dan Tekung melaksanakan pendampingan pada warga yang mengikuti vaksinasi, Senin (13/9/2021).

Babinsa Kalibendo Koramil 0821/08 Pasirian, Serda Eko Prasetyo mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di balai Desa Bades Kecamatan Pasirian tersebut adalah merupakan dukungan TNI Polri kepada Pemerintah dalam upaya akselerasi vaksinasi kepada warga agar bisa secepatnya mengakhiri pandemi, khususnya di wilayah Kabupaten lumajang.


“Pendampingan kami tetap lakukan, selain sebagai wujud kepedulian kami TNI pada warga juga memastikan kegiatan penyuntikan vaksin dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tahapan,” ucapnya.

baca juga :  TNI, Pemdes dan Warga Pasirian Gotong Royong Ngecor Gedung Madrasah

Tak hanya melakukan pendampingan, Eko juga memberikan pemahaman kepada warga yang hadir saat itu untuk tetap mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah di vaksin.

“Meskipun telah divaksin Covid-19, tidak semata – mata seseorang langsung kebal terhadap virus. Namun tubuh perlu waktu untuk membentuk antibodi (kekebalan tubuh) dalam melawan virus. Untuk itu, saya mengajak masyarakat agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan Pemerintah dengan jalani 5 M,” imbuh Eko.

Sementara itu di tempat lain, Babinsa Mangunsari Koramil Tekung, Serda Sirajudin juga melakukan pendampingan kepada warga Desa Mangunsari Kecamatan Tekung yang mengikuti vaksinasi dibalai desa setempat.

baca juga :  Cegah Penyebaran Covid- 19, Koramil Tekung Imbuan Prokes dan Bagikan Masker

Dengan melakukan tahapan tahapan sebelum melakukan suntik vaksin, warga diminta untuk melakukan skrening kesehatan agar benar benar bisa dipastikan layak untuk mengikuti vaksinasi. Hasilnya sebanyak 78 warga lolos skrening dan bisa mengikuti vaksinasi.

“Ada tahapan dalam pelaksanaan vaksinasi saat itu, bermula peserta didata kemudian diperiksa kesehatannya oleh tim medis, setelah dinyatakan lolos uji skrening peserta bisa langsung divaksin. Hal tersebut guna meminimalisir terjadinya KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi,” tutur Sirajudin.

Sirajudin mengucapkan terima kasih pada warga yang sudah antusias dan tertib mengikuti serangkaian proses vaksinasi Covid-19.

baca juga :  Koramil dan Polsek Pasirian Kawal Pembahasan Tanah Oloran Dusun Dampar

“Saya berharap, keberhasilan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lumajang, turut di topang oleh tingginya keberhasilannya di wilayah Desa Mangunsari Kecamatan Tekung,” pungkasnya. (*/Ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

TNI, Pemdes dan Warga Pasirian Gotong Royong Ngecor Gedung Madrasah

Aziz Manna Memorandum

Tekan Covid-19, Koramil Tekung Terus Sosialisasikan Prokes kepada Masyarakat

Syaifuddin

Koramil Pasirian Dampingi Vaksinasi Santri Ponpes Gubuq Al Munir

Aziz Manna Memorandum