Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Koramil Senduro Dampingi Warga Vaksinasi Tahap Dua

Lumajang, Memorandum.co.id – Sebanyak 140 warga Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di Puskesmas Senduro, Selasa (14/9/2021).

Serka Pribawono, Babinsa Senduro, Koramil 0821/03 Senduro, Lumajang mengatakan, pihaknya mendampingi warga melaksanakan vaksinasi dosis kedua.


Pribawono menjelaskan, meskipun vaksinasi tersebut adalah dosis kedua, warga yang mengikuti vaksinasi tetap melakukan uji screening terlebih dahulu sebelum divaksin. Antara lain pendataan, pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah.

“Pelaksanaan tahap patahap pra vaksinasi tersebut itu guna memastikan agar calon peserta sebelum divaksin dalam kondisi sehat,” ujarnya.

baca juga :  Peran Aktif Babinsa Ringankan Beban Masyarakat Wilayah Binaan

Tak selesai sampai di situ, pascapenyuntikan vaksin, peserta tidak diberbolehkan pulang dulu sekitar 15-30 menit. Hal tersebut sebagai tindakan observasi yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya efek setelah divaksin atau yang biasa disebut KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Ia mengimbau, pascamelaksanakan vaksinai masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, guna memaksimalkan pencapaian kekebalan tubuh yang maksimal terhadap virus.

“Karena, bukan berarti masyarakat yang sudah divaksin itu tidak akan terkena Covid-19. Oleh karenanya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas perlu terus diterapkan,” ucapnya.

baca juga :  Peran Aktif Babinsa Ringankan Beban Masyarakat Wilayah Binaan

Ia berharap, wilayah Senduro akan menjadi penunjang keberhasilan penanganan Covid-19 yang tinggi di Kabupaten Lumajang.(*/Ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Peran Aktif Babinsa Ringankan Beban Masyarakat Wilayah Binaan

Syaifuddin