Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
pilbup lamongan

KPU Geber Persiapan Debat Terbuka Pilkada Lamongan

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali

Lamongan, memorandum.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan tengah mempersiapkan debat terbuka Pilkada Lamongan yang rencananya bakal digelar kali.


Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali mengatakan, debat ini akan dilaksanakan sebanyak dua kali putaran. “Putaran pertama pada 14 November dan putaran kedua 27 November,” Kata Mahrus, Kamis (6/11)


Untuk lokasi debat, lanjut Mahrus, masih dalam proses, karena lokasi ini nantinya harus memenuhi peraturan yang ada di PKPU. Dan juga, tambah Mahrus, tempat debat ini bisa di Lamongan sendiri atau di studio stasiun TV.

“Karena lokasi debat ini harus memenuhi kriteria. Misal, nanti calon itu transit dimana, tempat parkir juga akan jadi masalah tersendiri. Terakhir yang terpenting itu tentang protokol kesehatan,” lanjutnya

Sementara terkait pelaksanaan debat, terang Mahrus, putaran pertama debat pada tanggal 14 November, tentang pemaparan visi misi calon. Sedangkan putaran kedua tanggal 27 November tentang penyampaian kelokalan bidang di Lamongan.

“Secara garis besar, untuk debat pertama adalah penyampaian gambaran umum visi, misi dan program. Nanti debat yang kedua itu adalah penajaman dari beberapa bidang. Artinya yang ke dua itu akan lebih difokuskan,” terangnya.

Sedangkan untuk panelis debat, jelas Mahrus, sudah mempersiapkan lima panelis dari berbagai figur. Di antaranya, profesional, akademisi, dan tokoh. Untuk identitas panelis. Mahrus menambahkan, segala sesuatu yang menyangkut kelima panelis tersebut masih dirahasiakan.

“Panelisnya kita nggak bisa ngomong terlalu jauh dulu. Kami coba untuk merahasiakan itu untuk keamanan bersama. D dalam artian jangan sampai kalau kami menyebutkan wilayahnya atau personalnya, kan tidak menutup kemungkinan akan ada pihak yang merapat untuk meminta bocoran atau yang lainnya,” tandasnya (cw2/har/udi)