Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lamongan pilbup lamongan

KPU Simulasikan Tata Cara Pemilihan di Masa Pandemi

Simulasi yang diadakan di halaman KPU. (Yoga)

Lamongan, memorandum.co.id – “Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Lamongan nanti akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena masih di masa pandemi Covid-19.

“Beberapa tahapan saat di TPS juga harus menerapkan protokol kesehatan. Dan hari ini kami menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait pemungutan suara dan penghitungan suara dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali. Rabu (2/12).


Saat datang ke TPS, terang Mahrus, para pemilih akan diminta untuk mengantri di luar dengan tetap menjaga jarak aman. Kemudian, petugas mengimbau pemilih untuk mencuci tangan dan menggunakan masker serta mengecek suhu tubuh pemilih sesaat sebelum masuk TPS.

baca juga :  KPU Geber Persiapan Debat Terbuka Pilkada Lamongan

“Selanjutnya pemilih wajib mengisi formulir C, daftar hadir-KWK, kemudian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) memberikan sarung tangan kepada pemilih,” terangnya.

Setelah itu, papar Mahrus, pemilih menunggu giliran dipanggil di kursi yang telah disediakan. Lalu pemilih menyerahkan formulir C, pemberitahuan-KWK dan e-KTP atau surat keterangan kepada KPPS 4 dan setelah itu Ketua KPPS memanggil pemilih untuk mengambil surat suara dan pemilih memeriksa kondisi surat suara sebelum menuju bilik suara.

“Pemilih menggunakan hak pilihnya dengan alat coblos yang telah disediakan, kemudian mencoblos satu kali pada kolom yang berisi nomor urut, pas foto, dan nama pasangan calon. Berikutnya pemilih memasukan surat suara ke dalam kotak sesuai jenis pemilihan dipandu oleh KPPS ,” paparnya.

baca juga :  KPU Geber Persiapan Debat Terbuka Pilkada Lamongan

Selesai menggunakan haknya, tambah Mahrus, pemilih kemudian membuka sarung tangan dan membuang sarung tangan ke tempat sampah yang telah disediakan di dekat meja KPPS. Setelahnya, pemilih akan diteteskan tinta ke salah satu jari dan petugas di pintu keluar TPS akan memberitahu bahwa setelah memilih wajib untuk mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

“Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Lamongan saat ini adalah 1.038.756 pemilih,” tambahnya.

Hal lain yang membedakan pelaksanaan pemungutan suara dalam pilkada serentak kali ini adalah tinta. Penandaan usai menggunakan hak suara dilakukan dengan cara tinta diteteskan dan bukan dicelup seperti pemilihan-pemilihan sebelumnya.

baca juga :  KPU Geber Persiapan Debat Terbuka Pilkada Lamongan

“Hal lain yang beda adalah, penggunaan thermal gun dimana pemilih yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius akan disediakan bilik khusus,” pungkasnya. (cw2/har/udi)

baca juga

KPU Geber Persiapan Debat Terbuka Pilkada Lamongan

Syaifuddin