Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

KSAL Resmikan RS Darurat Covid-19 Lanmar Karang Pucung

Peresmian RS Darurat Covid-19 Pangkalan Korps Marinir Surabaya Karang Pucung oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Surabaya, memorandum.co.id – Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pangkalan Korps Marinir Surabaya Karang Pucung di Jalan Opak akhirnya diresmikan KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono, Jumat (20/8/2021).

Rumah sakit yang diperuntukkan bagi penderita gejala ringan Covid-19 ini bisa menampung 800 orang.


Kedatangan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan pejabat utama Mabes TNI AL ini disambut Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Dikatakan KSAL, ketika menangani Covid-19 di wisma atlet, dirinya memerintahkan untuk menyiapkan Sarpras penanganan dan kesiapsiagaan menangani Covid-19.

“Saya bilang waktu itu, tempat isolasi mandiri harus ada. Jadi jangan merusuhi RSAL. OTG dan ringan bisa diatasi sendiri,” ujar Pati dengan bintang empat ini.

Tambah Yudo, hari ini sudah siap dan bisa dioperasikan.

“Operasional siap. Kemampuan 800 bed. Disiapkan 600 bed dulu, tapi 800 bed siap,” tegasnya.

Lanjutnya, untuk tenaga kesehatan (nakes) dan dokter berpengalaman disiapkan 50 nakes gabungan dokter dari RSUD dr Soetomo, RS dr Ramelan dan Marinir.

“Tetap siap siaga untuk pasien Covid-19. Semoga tidak ada yang kesulitan dan mudah-mudahan tidak melonjak lagi,” pungkas Yudo.

Sedangkan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono dalam sambutannya mengatakan, ini kepercayaan kepada jajarannya untuk menyiapkan kembali ruang isolasi.

“Mengingat bahwa Covid-19 gelombang kedua luar biasa. Tahun lalu kami siapkan di Jakarta. Kami diperintahkan di Surabaya. Alhamdulillah dalam waktu 6 hari disiapkan,” jelas Suhartono.

Tambahnya, belajar dari pengalaman varian delta sehingga kegiatan dan dampaknya lebih parah dari gelombang pertama.

“Ini bentuk siap siaga dan antisipasi. Alhamdulillah sudah siap semua fasilitas. Sebelumnya dapat bantuan tempat tidur yang representatif,” pungkas Suhartono.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menambahkan, apa yang sudah disiapkan ini lebih baik tidak dipakai.

‘Tapi bentuk siap siaga. Di SIER juga semoga jadi layanan terbaik,” singkat Khofifah.

Setelah diresmikan dengan penandatangan prasasti dan pemukulan gong, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meninjau rumah sakit berlantai dua tersebut dengan didampingi Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (fer)