Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Kukuhkan Satops Patnal, Lapas Jember Dengungkan Janji Kerja dan Teken Pakta Integritas

Pemasangan PIN dan Hand Bad Satops Patnal Korwil Jember (UPT Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi)

Jember, Memorandum.co.id – Dalam rangka mewujudkan zona integritas di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Jember sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) digelar apel deklarasi janji kinerja dan penandatanganan pakta integritas serta pengukuhan Satops Patnal.

Acara dipimpin langsung oleh Krismono, Kepala Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM Jawa Timur dan diikuti oleh Kepala Lapas Kelas IIA Jember Yandi Suyandi, dan Kalapas Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo, serta Kabapas Jember Wahyu Andayati, maupun Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Jember Said Noviansyah.


Tampak hadir juga Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo dan Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, Pasi Intel Kapten Indro mewakili Dandim 0824 Jember, Ketua Pengadilan Negeri Jember Marolop Simamora, Kasi pidana umum kejaksaan Negeri Jember Aditya Oto Tohari mewakili Kajari Jember, Wakil Ketua DPRD Jember, Dedi Dwi Setiyawan serta seluruh penjabat struktural Lapas Kelas IIA Jember dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Selasa (23/02/2021).

baca juga :  275 Napi Lapas Jember Dapat Remisi Lebaran, 2 Langsung Bebas

Dalam sambutannya Krismono menyampaikan, Satops Patnal dibentuk dalam rangka menuju Lembaga Pemasyarakatan wilayah Kanwil Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo, dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Hember serta Kantor Imigrasi kelas I TPI Jember sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Satops Patnal adalah satgas pelaksana dalam pengawasan, pencegahan jangan sampai terjadi pelanggaran prosedur dan peraturan serta terlaksananya prinsip-prinsip pelayanan mudah dan tidak berbelit, serta tepat waktu utamanya bebas dari narkoba,” kata Krismono.

baca juga :  Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin Kalah di Lapas Jember

Untuk diketahui, wilayah Kanwil Kemenkumham Jawa Timur ada 11 WBK dan 4 satuan kerja yang telah mendapatkan WBBM. Selebihnya terdapat rangkaian pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) WBK/WBBM yang diwakili Kalapas Kelas IIA Jember Yandi Suyandi, dan Kalapas Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo, serta Kabapas Jember Wahyu Andayati, Satgas Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal).

“Pengukuhan Satops Patnal sebagai komitmen nyata untuk turut mewujudkan Program Pemasyarakatan Maju,” kata Kalapas Kelas IIA Jember, Yandi Suyandi.

Pengukuhan Satops Patnal yang dilatarbelakangi oleh Surat Edaran Dirjen PAS Nomor : PAS-07.OT-02.02 Tahun 2019 bertujuan agar terlaksana pencegahan dan penindakan gangguan keamanan dan ketertiban secara efektif serta perbaikan seluruh aspek pelaksanaan tugas pemasyarakatan meliputi fungsi pembinaan petugas dan peningkatan layanan pemasyarakatan.

baca juga :  21 Warga Binaan Lapas Jember Diberi Pelatihan Cuci Mobil dan Pengelasan

Kalapas Kelas IIA Jember Yandi Suyandi mengatakan, deklarasi janji kinerja merupakan komitmen bersama seluruh pegawai dalam Lapas Jember guna mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). (edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

Tak Lapor 3 Kali, Penerima Pembebasan Asimilasi akan Dijebloskan Lagi ke Penjara

Agus Supriyadi

Sat Binmas Polres Jember Latih Ketangkasan ASN Lapas

Aziz Manna Memorandum

Puluhanan Tahanan Lapas Jember Diajari Bertani

Aziz Manna Memorandum