Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polresta Malang Kota

Kuliah Tamu di UB, Kapolresta Makota Sampaikan Materi Terorisme

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata memebrikan materi dalam kuliah tamu PKKMB Universitas Brawijaya secara online.

Malang, Memorandum.co.id – Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarnata menjadi salah satu pemateri kuliah tamu dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Brawijaya (UB) tahun 2020.


Mantan Wakapolrestabes Surabaya ini memberikan materi bertemakan “Pencegahan Intoleransi Radikalisme dan Terorisme”.


Penyampaian materi secara online ini bertempat di Gedung Sasana Krida Universitas Brawijaya (UB) Malang. Diikuti sekitar 200 mahasiswa dan wakil rektor, dekan, guru besar serta dosen.

Dalam penyampaiannya, Leonardus memberikan pengertian mengenai intoleransi, radikalisme serta terorisme.

baca juga :  Obrak Balap Liar, Polresta Malang Kota Amankan Puluhan Mobil

Menurutnya, antara intoleransi radikalisme dan terorisme, bisa dianalogikan bahwa awal daripada terorisme adalah kegiatan-kegiatan yang bersifat radikalisme. Kegiatan radikalisme berawal dari pada kegiatan-kegiatan intoleransi.

“Apakah kegiatan intoleransi pasti radikalisme belum tentu. Apakah kegiatan radikalisme pasti menyebabkan terorisme itu belum tentu,” terang  Kapolresta Malang Kota.

Radikalisme itu lanjutnya, tidak mewakili dari pada suatu agama apapun di negara Indonesia. Tidak ada satu agama pun di Indonesia yang mengajarkan radikalisme. Begitu juga universal di seluruh dunia.

Namun semua agama dan ideologi di dalam pemikiran yang salah akan berpotensi melahirkan kegiatan radikalisme yang mengarah kepada terorisme. Maka akan ada dua kutub yang berhadapan, yakni kegiatan intoleransi yang menyebabkan radikalisme, akan berhadapan dengan kegiatan yang kebhinekaan ataupun yang menyebabkan persatuan.

baca juga :  Universitas Brawijaya Menangkan Hibah Riset Covid-19 UKRI

“Kami berharap mahasiswa mengerti dan menyadari arti dari intoleransi radikalisme dan terorisme,” terang Kombes Pol Leonardus Simarmata. (edr/gus)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama dengan UB dan UMM

Syaifuddin

Universitas Brawijaya Menangkan Hibah Riset Covid-19 UKRI

Ferry Ardi Setiawan

Universitas Brawijaya Kukuhkan 2 Profesor

Agus Supriyadi