Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jatim

Kursi Sekdaprov Jatim Masih Teka-Teki

Freddy Poernomo

Surabaya, memorandum.co.id – Siapa menjadi definitif Sekdaprov Jatim masih menjadi teka teki. Meskipun ada empat ASN yang dinilai layak duduk di kursi sekda, karena telah lulus Diklat Pimpinan (PIM) satu.

Saat Gubernur Khofifah melantik 16 pejabat untuk mengisi kekosongan kepala OPD Rabu (28/7/2021), kursi Sekdaprov tetap tak tersentuh.


Saat dikonfirmasi terkait masalah ini, Nurkholis kepala BKD Pemprov Jatim mengaku tidak mengetahui soal ini. “Saya tidak tahu. Karena kewenangan di pejabat pembuat komitmen (PPK),” tegas Nurkholis.

baca juga :  Pemimpin Harus Berdiri di Depan Tangani Ledakan Covid-19 Bangkalan

Ia menyampaikan sampai saat ini Heru Tjahyono masih menjabat Plh Sekdaprov Jatim “Pak Heru belum pensiun,” tegas Nurkholis.

Terpisah Freddy Poernomo anggota Komisi A DPRD Jawa Timur mendesak Gubernur Khofifah segera mengisi sekda secara definitif. Ia beralasan dengan jabatan definitif sekda, roda organisasi Pemprov Jatim bisa berjalan maksimal.

Politisi Partai Golkar Jatim ini juga mengingatkan posisi Heru Tjahjono sebagai PLH Sekdaprov Jatim melanggar hukum administrasi pemerintahan. Karena itu Freddy meyakini berdampak pada proses pengisian beberapa jabatan kosong di struktural OPD dan BUMD Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

baca juga :  Hindari Tabrak Tatanan Hukum, Dewan Minta Gubernur Jatim Tunjuk Pj Sekda

“Kami berharap segera terisi posisi sekda definitif, agar pelaksanaan kegiatan di Pemprov Jatim lebih maksimal,” tegas Freddy Poernomo, Kamis (29/7).

Keempat nama yang telah mengikuti Diklat PIM 1 adalah Wachid Wahyudi (kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim), Boby Sumiarsono (kepala Bappeda Jatim), Nurkholis (kepala Dinas ESDM Jawa Timur), dan Indah Wahyuni (kepala BKD Jawa Timur).

Terkait jabatan sekdaprov juga bisa diisi pejabat dari pemerintah pusat. Karena mekanisme Mendagri juga mempunyai kewenangan menentukan posisi sekda. Sementara Pemprov Jatim bisa mengusulkan tiga nama melalui tim panitia seleksi (pansel). (day)

baca juga :  Pemimpin Harus Berdiri di Depan Tangani Ledakan Covid-19 Bangkalan

baca juga

Pemimpin Harus Berdiri di Depan Tangani Ledakan Covid-19 Bangkalan

Syaifuddin

Hindari Tabrak Tatanan Hukum, Dewan Minta Gubernur Jatim Tunjuk Pj Sekda

Ferry Ardi Setiawan