Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Gresik

Kyai Robbach Maksum Wafat Setelah Ambil Wudhu Salat Subuh

Para pelayat berebut mengangkat keranda Kyai Robbach Maksum

Gresik, Memorandum.co.id – Mantan bupati Gresik dua periode 2000-2010, KH Robbach Maksum meninggal dunia pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB, Selasa (22/9/2020). Ia dikabarkan wafat selepas mengambil air wudhu untuk salat subuh.


Berdasarkan informasi yang dihimpun memorandum.co.id, kondisi kesehatan Robbach Maksum telah memburuk saat menjelang salat subuh. Bahkan, sebelum mengembuskan napas terakhirnya, kyai sepuh tersebut masih sempat mengambil wudhu.


Untuk diketahui, Kyai Robbach Maksum wafat di kediamannya di Perumahan Gresik Kota Baru Jalan Kalimantan No. 119 Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar. Ia meninggal dalam usia yang menginjak 72 tahun.

baca juga :  Memorandum Semakin Jaya Tanpa Hoax

Ucapan bela sungkawa pun hadir dari banyak pihak, mulai dari pejabat pemerintahan serta instansi-instansi lain.

“Beliau telah banyak berbuat, banyak berkiprah di kalangan pondok pesantren. Selain itu, selama 10 tahun memimpin pembangunan di Kabupaten Gresik. Karyanya akan terus dikenang masyarakat dan semoga khusnul khotimah,” ujar Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.

KH Robbach Maksum sendiri telah berkiprah di berbagai bidang. Bahkan hingga akhir hayatnya, ia menjabat sebagai mustasyar PCNU Gresik. Sebelumnya sempat menjabat sebagai ketua DPRD Gresik 1999-2000, kemudian menjadi bupati Gresik 2000-2010.

baca juga :  Anggaran Digeser untuk Covid-19, Sejumlah Proyek Pembangunan di Gresik Tertunda

Robbach Maksum memang dikenal sebagai tokoh yang lahir dari lingkungan pondok. Untuk tempat peristirahatan terakhirnya, ia dikebumikan di tanah kelahirannya di pondok pesantren Ihyak Ulumuddin Kecamatan Dukun.(and/har)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

Wujudkan Gresik Aman-Kondusif, Forkopimda Gelar Deklarasi Anti Anarkis

Agus Supriyadi

Warga Banjarangung Demo Alih Fungsi Lahan Bantaran Kali Lamong

Aziz Manna Memorandum

Wakapolda Jatim dan Forkopimda Gresik Launching Pengemudi Tangguh

Agus Supriyadi