Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Lama Tak Dibersihkan, Sungai Rungkut Penuh Sampah dan Eceng Gondok

Kondisi sungai di perbatasan Jalan Rungkut Menanggal III dan Jalan Kiai Satari dipenuhi sampah dan eceng gondok.

Surabaya, memorandum.co.id  – Pemandangan kurang sedap di sepanjang sungai Jalan Rungkut Menanggal III dan Jalan Kiai Satari. Berada di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo itu, banyak sampah dan eceng gondok yang memenuhi sungai tersebut.

Kalim (43), warga Jalan Rungkut Menanggal III, RT 03/RW 02, mengatakan  bahwa terakhir dibersihkan oleh pemkot sekitar 2018. “Sudah lama tidak dibersihkan. Terakhir tahun 2018,” jelas Kalim, Jumat (27/11).


Lanjut Kalim, untuk menjaga agar tetap bersih akhirnya warga kerja bakti. “Warga yang bersihkan. Tapi untuk sampah dan eceng gondok itu, kiriman dari daerah lain,” ujarnya.

baca juga :  Sempat Rusak, Pemkot Perbaiki Patung Karapan Sapi

Selain itu, tambah Kalim, pihaknya juga menginginkan adanya plesengan seperti di Jalan Kiai Satari. “Sementara untuk menahan tidak longsor, kami menanam pohon,” pungkas Kalim.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Anna Fajriatin mengatakan, bahwa untuk sungai di sana sudah pernah dibersihkan. “Kalau dua tahun tidak mungkin. Saya saja baru beberapa bulan pindah Camat Gunung Anyar, dan ini saya sudah menghubungi lurahnya (Bu Nurul, red),” ujar Anna.

Tambah Anna, tumpukan sampah dan eceng gondok itu merupakan bawaan dari aliran sungai. “Jadi kalau pintu air dibuka, maka kotoran di sunagi akan terbawa semua. Tapi kami sudah meminta anak-anak untuk menyisir lokasi,” ujarnya.

baca juga :  Box Culvert Menjadi Tempat Sampah, DKRTH Kerahkan Satgas

Bahkan, lanjut Anna, pihaknya juga meminta kabid kebersihan untuk meninjau ke lokasi langsung.
“Terima kasih atas informasinya. Mas Arif Rusman, kabid kebersihan sekarang di Rungkut Menanggal,” pungkas Anna. (fer/udi)

baca juga

Sempat Rusak, Pemkot Perbaiki Patung Karapan Sapi

Syaifuddin

Plengsengan Ambrol hanya Ditopang Anyaman Bambu

Syaifuddin

Box Culvert Menjadi Tempat Sampah, DKRTH Kerahkan Satgas

Syaifuddin