Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

LPPM Unair dan UPTD Dinsos Babat Jerawat Sosialisasikan PHBS ke Penderita Kusta

Moordiati saat memaparkan sosialisasi.

Surabaya, memorandum.co.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga bersama UPTD Dinas Sosial Babat Jerawat tuntas menggelar acara bertajuk ‘Kegiatan Bersama Program Bersih Diri dan Bersih Lingkungan’.

Tatkala pembukaan acara, terselip momen haru. Dengan berlinang air mata, Moordiati, dosen Ilmu Sejarah Unair berbicara tersedu di hadapan 53 penderita kusta di Babat Jerawat, Benowo.


Tangisan Moordiati tak terbendung lantaran mengingat kembali bagaimana dia menyaksikan perjuangan penderita kusta yang hidup di tengah keterbatasan, namun tetap semangat untuk melanjutkan hidup.

“Saya sebenarnya sudah lama berkunjung ke sini, namun baru berkesempatan bertemu bapak ibu hari ini. Saya terharu kalau melihat perjuangan bapak ibu yang selalu bersemangat meski di tengah keterbatasan,” ungkapnya, Selasa (14/9/2021).

baca juga :  62 Dokter Gigi dan 25 Dokter Gigi Spesialis FKG Unair Gelar Pengambilan Sumpah via Daring

Karena sebagaimana yang diketahui, Kusta atau Lepra adalah penyakit kronis yang menginfeksi kulit sehingga menimbulkan lesi atau kerusakan kulit pada tangan dan kaki penderita. Bahkan tak jarang, menyebabkan kerusakan saraf.

Pada sesi berikutnya, suasana yang tadinya hening berubah mencair menjadi canda tawa tatkala Iswahyudi, perwakilan dari ITD Unair, membawakan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan riang gembira.

Tampak audiens yang mayoritas bekerja sebagai pemulung itu mulai pecah tawa dengan menyimak materi dari dosen yang kerap disapa Yudi tersebut.

baca juga :  Unair Beberkan Fakta Krisis Lingkungan Pengaruhi Kesehatan Jiwa

Mereka begitu bersemangat menyimak materi, karena materi PHBS yang dibawakan Yudi bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan mereka.

Yudi membagikan 7 tips personal hygiene kepada warga. 7 tips tersebut antara lain, menyikat gigi, menjaga kebersihan rambut, mandi dua kali sehari, mencuci tangan dengan sabun, membersihkan kuku, mencuci kaki, dan menggunakan pakaian bersih.

“Kalau bapak-ibu dapat menjalankan 7 tips tadi, insyaAllah keluarga kita tidak mudah sakit, anak-anak kita tumbuh sehat, produktivitas kerja meningkat, dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari juga dapat kita alihkan untuk pemenuhan gizi keluarga,” katanya.

baca juga :  Unair Berambisi Genjot Peringkat Menjadi 300 Besar di Dunia

Di akhir acara, panitia kegiatan membagikan doorprize dan peralatan untuk bersih diri seperti sabun mandi, sikat gigi, dan odol. Tak ketinggalan, Yudi juga memberikan pesan kepada warga tersebut.

“Di manapun, kapanpun, dan apapun aktivitas ibu-bapak, selalu budayakan hidup bersih dan sehat nggih,” pesan Yudi. (mg3)

Reporter : Alif Bintang

baca juga

Yuni Shara Meriahkan Reuni Akbar FEB Unair

Syaifuddin

Waspadai Virus Nipah, Pakar Mikrobiologi Unair Beberkan Antisipasi

Syaifuddin

Wali Kota Eri Cahyadi Pererat Sinergitas Bangun Kota Bersama PT di Surabaya

Syaifuddin