Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kabupaten Pilkada Kab Malang

Maju Pilkada, Ketua DPRD Kabupaten Malang Mengundurkan Diri

Rapat Paripurna DPRD Kab Malang tentang pemberhentian Ketua DPRD Kab Malang Didik Gatot Subroto yang mengundurkan diri karena menjadi Bapaslon Wakil Bupati Malang dalam Pilkada Kab Malang 2020

Malang, Memorandum.co.id – Didik Gatot Subroto (DGS) resmi mengundurkan diri sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang. Ini disahkan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Malang, di ruang rapat DPRD Kabupaten Malang, Rabu (23/9/2020).


Pengunduran Didik merupakan syarat untuk maju dalam Pilkada serentak Kabupaten Malang 2020. Pemberhentian DGS sebagai anggota dan Ketua DPRD Kabupaten Malang ini ditetapkan dalam Surat Keputusan DPRD Kab Malang Nomor: 1888.4/ /KPTS/35.07.040/2020.


Dalam sambutannya, Didik yang didampingi sang isteri menyampaikan rasa terima kasih kepada para koleganya di DPRD Kab Malang.


“Dalam kesempatan ini perkenankan saya menghaturkan rasa terima kasih dan maaf yang sebesar-besarnya,” tutur politisi PDIP ini.

baca juga :  Corona Bencana Nasional, DPRD Kabupaten Malang Stop Kunker

Ia berharap pada penggantinya akan tetap bisa melakukan kerja sama dengan jajaran Pemerintahan Kab Malang.

“Saya berharap, siapapun penganti saya nanti bisa melanjutkan kerjasama yang selama ini sudah terbina erat dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Malang,” tegasnya.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Ketua DPRD Kab Malang, fraksi-fraksi sepakat memilih Sodiqul Amin dari Fraksi NasDem sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Politisi partai NasDem akan menjadi Plt. Ketua DPRD Kabupaten Malang sampai ketua definitif ditetapkan.

baca juga :  Bawaslu Kab Malang Gelar Sidang Perdana Soal Aduan Malang Jejeg

Amin mengatakan dalam satu tahun di bawah kepemimpinan Didik, sudah banyak perbaikan yang dilakukan dalam jajaran DPRD Kabupaten Malang.

“Atas kepemimpinan beliau selama ini banyak perbaikan yang sudah dilakukan dan memberi warna tersendiri dalam tugas pokok dan fungsi DPRD,” kata Amin.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi mengapresiasi masa kepempinan Didik sebagai Ketua DPRD Malang.

“Selama mengemban amanah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang, saudara Didik Gatot Subroto telah menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi pembangunan di Kabupaten Malang,” terang Bupati.

baca juga :  Pilkada Kabupaten Malang, Ladub Disokong Kepala Daerah dari PKB di Jatim

Menanggapi pengunduran diri Didik sebagai anggota dan Ketua DPRD, Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini akan menunggu surat resmi dari DPRD Kabupaten Malang. “Kita bersikap pasif, kita menunggu surat pemberitahuan dari DPRD. Kalau untuk pergantian antar waktu (PAW, red) itu kan prosesnya di internal partai politik, kami hanya merekomendasikan ke kepala daerah saja,” jelas Ketua KPU Kabupaten Malang. (dia/gus)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Sidang Paripurna Luar Biasa, DPRD Kabupaten Malang Berlakukan Protokol Kesehatan

Ferry Ardi Setiawan

Pilkada Kabupaten Malang, Ladub Disokong Kepala Daerah dari PKB di Jatim

Agus Supriyadi

Pilbup Malang, Calon Perseorangan Dapat Nomor Urut 3

Agus Supriyadi